Deklarasi Hari Dongeng Nasional Deklarasi Kampung Dongeng - Terkait Tampilan penuh

Deklarasi Hari Dongeng Nasional

Rantauprapat. Kampung Dongeng Labuhanbatu bersama dengan 20 Kampung Dongeng se-Indonesia secara serentak melakukan kegiatan Mendongeng sebagai bentuk dukungan untuk ditetapkannya Hari Dongeng Nasional. Tanggal 28 November 2015 dipilih karena ini adalah tanggal kelahiran (Alm) Raden Soejadi yang dikenal dengan Pak Raden 82 tahun yang lalu.

Secara nasional kegiatan ini didukung oleh banyak unsur mulai dari orang tua, pemerhati anak, pendongeng, pendidik, pustakawan dan juga pemerintah. Kegiatan nasional dipusatkan di kantor Kementrian Pendidikan Nasional di Jakarta pada tanggal 28 November 2015 yang dihadiri oleh semua pendukung Deklarasi Hari Dongeng Nasional.

Kegiatan mendongeng di Labuhanbatu dilaksanakan di TK ABA Aek Paing Rantauprapat oleh Bunda Dewi, Ketua Kampung Dongeng Labuhanbatu. Tema dongeng adalah “Nyamuk Demam Berdarah” yang menyampaikan pesan tentang pentingnya anak-anak untuk menjaga kebersihan diri, rumah dan lingkungan agar terhindar dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti penyebab Demam Berdarah.

Kampung Dongeng Labuhanbatu juga mengajak anak-anak menyanyi bersama. Anak-anak cukup antusias mendengarkan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar dongeng yang disampaikan Bunda Dewi. Para guru dan beberapa orang tua yang hadir ikut terlibat dan menyaksikan kegiatan ini. Komunitas Rantauprapat Penghobi Photography (Rapopho) turut mendukung dengan mendokumentasikan kegiatan.

Acara ditutup dengan pembacaan Deklarasi Hari Dongeng Nasional oleh Ibu Fitri, seorang guru di TK ABA Aek Paing Rantauprapat yang diikuti oleh seluruh murid dan guru. Berikut ini teks Deklarasi Hari Dongeng:

“Dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Esa. Kami para pencinta dongeng Indonesia. Kami para orang tua, pendongeng, pendidik, pustakawan, dan pemerhati anak Indonesia . Pada hari ini Sabtu, 28 November 2015 pukul 10:00 WIB. Menyatakan perihal utama demi kepentingan anak Indonesia dan keguyuban para pencinta dongeng Indonesia, bahwa setiap tanggal 28 November dalam setiap tahunnya secara bersama di Indonesia merayakan suka cita cerita. Kami para pencinta dongeng Indonesia menjadikan tanggal 28 November sebagai Hari Dongeng Nasional. Demikian Deklarasi 28 November 2015 ini kami bacakan. Tertanda, Indonesia, 28 November 2015. Forum Dongeng Nasional.”



Semoga Pemerintah dapat mewujudkan keinginan masyarakat Indonesia untuk menetapkan tanggal 28 November sebagai Hari Dongeng Nasional karena dongeng sangat dibutuhkan untuk menanamkan karakter bangsa sejak usia dini.

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

[wpw_follow_author_me author_id = "5"]

Tinggalkan komentar

dua × tiga =