Topbar widget area empty.
Earth Hour 2016 Earth Hour Tampilan penuh

Earth Hour 2016

EARTH HOUR merupakan kampanye inisiasi publik, menyatukan masyarakat dari seluruh dunia untuk merayakan komitmen gaya hidup hemat energi dengan cara mematikan lampu dan alat elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam. Di tahun ke-8 di Indonesia, EARTH HOUR 2016 akan diselenggarakan pada tanggal 19 Maret 2016, pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat yang dipusatkan di Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Tema tahun 2016 adalah “Shine a Light on Climate Action”. “Candi Borobudur dan Candi Prambanan adalah dua warisan budaya dunia yang terus-menerus kita wariskan kepada generasi penerus. Jadi, kita bukan hanya diwarisi tetapi juga mewariskannya. Unsur itu pula yang menjadi filosofi Earth Hour, yaitu bahwa kita diingatkan bahwa alam kita bukan diwariskan (pada kita –Red) tetapi hanya dipinjami oleh generasi penerus. Ada pesan yang begitu kuat di kedua candi ini yang akan dibawa terus-menerus sampai ke generasi mendatang,” jelas Nyoman Iswarayoga, Direktur Komunikasi dan Advokasi WWF-Indonesia dalam sambutannya dalam sebuah konferensi pers yang berlangsung di Rama Shinta Garden Resto Prambanan pada Selasa (15/03).

Selain menyampaikan pesan perubahan iklim kepada dunia dari cagar budaya dunia, Earth Hour Indonesia juga memanfaatkan kekuatan media sosial untuk menyelamatkan lingkungan. Earth Hour Indonesia pada tahun ini juga mendapat dukungan dari Twitter Indonesia. Pada saat malam Earth Hour, pengguna Twitter bisa mengikuti prosesi switch-off di Candi Borobudur lewat tayangan Periscope.

Sekitar 30 Kota ikut dalam Earth Hour Indonesia antara lain:

  1. Earth Hour Aceh
  2. Earth Hour Balikpapan
  3. Earth Hour Bandung
  4. Earth Hour Banjarmasin
  5. Earth Hour Batu
  6. Earth Hour Bekasi
  7. Earth Hour Bogor
  8. Earth Hour Cimahi
  9. Earth Hour Denpasar
  10. Earth Hour Depok
  11. Earth Hour Jogja
  12. Earth Hour Kediri
  13. Earth Hour Kota Batu
  14. Earth Hour Lampung
  15. Earth Hour Makasar
  16. Earth Hour Malang
  17. Earth Hour Mataram
  18. Earth Hour Padang
  19. Earth Hour Palangkaraya
  20. Earth Hour Palembang
  21. Earth Hour Palu
  22. Earth Hour Pekanbaru
  23. Earth Hour Pontianak
  24. Earth Hour Sidoarjo
  25. Earth Hour Solo
  26. Earth Hour Surabaya
  27. Earth Hour Tangerang

Earth Hour tahun ini juga mengajak publik mendukung empat kegiatan konservasi hijaukan hutan dengan berdonasi melalui programcrowdfunding komunitas Earth Hour Indonesia di kanal http://earthhour.kitabisa.com.

Earth Hour lebih dari kegiatan rutin tahunan. Selain momentum pelaksanaan Earth Hour, sepanjang tahun kami terus mengajak dan berbagi informasi seputar gaya hidup hemat energi yang bisadilakukan oleh siapa saja.

Bagaimana cara berpartisipasi di EARTH HOUR

Berikut ini cara yang dapat Kamu lakukan sebagai bentuk partisipasi dalam Earth Hour, yaitu:

  1. Donasikan akun media sosialmu untuk membantu kami menyebarkan pesan pesan terkait aksi lingkungan di http://www.changeclimatechange.org/
  2. Mendukung gerakan penggalanan dana (crowdfunding) yang dilakukan oleh komunitas Earth Hour di http://earthhour.kitabisa.com
  3. Ikut jejaring social dan serat foto/videokan partisipasi Anda, kirim dokumentasi Anda ke EMAIL: earthhour@wwf.id Twitter: @EHIndonesia
  4. Ajak sahabat dan keluarga untuk berpartisipasi mematikan lampu & peralatan elektronik yang tidak sedang dipakai selama 1 jam, Sabtu, 19 Maret 2016, jam 20.30-21.30 (waktu setempat)
  5. Lakukan terus gaya hidup ramah lingkungan pilihan Anda.

Bagaimana dengan Labuhanbatu?

Earth Hour belum ada di Labuhanbatu namun beberapa komunitas sudah memulainya pada lima tahun terakhir dalam skala kecil. Beberapa komunitas yang pernah melakukan Earth Hour antara lain: Rantauprapat Creatif Forum (RCF), Malam Puisi Rantauprapat (MPR), Mahasiswa Pencinta Alam, dan lain-lain. Hanya saja kegiatan ini belum terorganisir dan teritegrasi dalam Earth Hour Indonesia. Perlu upaya lanjut dan dukungan dari Pemerintah Daerah dan Masyarakat.

Bila kotamu belum ada komunitas Earth Hour, Anda boleh menjadi inisiator, caranya?

  1. Bentuk tim inisiator kota, minimal 6-10 orang.
  2. Kirimkan melalui email, rencanakan AKSI kampanye Earth Hour yang akan kalian lakukan di kota kalian dengan pilihan fokus utama: Hemat Listrik, Hemat Tisu Kertas, Giatkan Penggunaan Transportasi Publik, & Pemilahan Sampah [termasuk plastik & styrofoam].
  3. Unggah dokumentasi AKSI kampanye hemat energi kalian dengan cara mengirimkan ke email earthhour@wwf.id

Maukah kita memilih untuk berpartisipasi dalam Earth Hour 2016? INI AKSIKU!



Red/TP

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 5 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*

Tinggalkan komentar

tujuh + tujuhbelas =