Hari Inspirasi Hari Inspirasi Tampilan penuh

Hari Inspirasi

Senin, 21 Maret 2016 adalah hari yang dinantikan seluruh Relawan Kelas Inspirasi Labuhanbatu 2. Hari itu adalah Hari Inspirasi dimana para relawan akan turun langsung ke Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah untuk mengajar dan menginspirasi Anak-anak Indonesia. Ada 10 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu sebagai tempat inspirasi yaitu:

  1. Kelompok 1 SDN 117486 Kampung Sipirok Desa Selat Besar
  2. Kelompok 2 SDN 115515 Negerilama Seberang
  3. Kelompok 3 SDN 117483 Indra Kaya Sei Tarolat
  4. Kelompok 4 SDN 117481 Sei Tampang
  5. Kelompok 5 SDN 118159 Sei Tarolat
  6. Kelompok 6 MIS Al-Wasliyah Sei Mambang
  7. Kelompok 7 SDN 117484 Al Fajar
  8. Kelompok 8 MIS PP Al-Wasliyah Tanjung Haloban
  9. Kelompok 9 MIS Al-Ittihadul Wathaniyah Sidomulyo
  10. Kelompok 10 SDN 117840 Selat China

Pada Hari Inspirasi seluruh relawan Kelas Inspirasi yang terdiri dari Inspirator, Dokumentator dan Fasilitator turun langsung ke sekolah menjalankan tugasnya masing-masing dalam sebuah tim. Para Inspirator kan bertindak sebagai guru yang menceritakan tentang profesinya, dari proses awal hingga success story dan juga tentang pentingya menanamkan cita-cita. Pengenalan dan penanaman cita-cita dari para professional ini diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi siswa-siswa. Semakin dini menanamkan cita-cita akan semakin baik untuk mendorong minat belajar dan motivasi anak.

Para professional ini memiliki pengalaman di bidangnya masing-masing lebih dari dua tahun. Profesi yang terlibat di Hari Inspirasi Kelas Inspirasi Labuhanbatu 2 antara lain Dokter Umum, Dokter Gigi, Bidan, Perawat, Ahli Gizi, TNI, Pengacara, Guru, Dosen, Penulis, Pendongeng, Penyanyi, Pengusaha, PNS, Karyawan Swasta, Bankir dan lain-lain.

Acara pemberangkatan dilakukan di Komplek Tanimaret di jalan Adam Malik Rantauprapat jam 6 pagi dengan acara doa dan pengarahan singkat oleh Koordinator Kelas Inspirasi Labuhanbatu, Mardian Junary Nasution. Selanjutnya para relawan berangkat dengan kendaraan menuju sekolah sesuai kelompoknya masing-masing. Lebih kurang 130 orang yang terlibat dalam Hari Inspirasi.

Di sekolah, acara dimulai dengan melakukan Upacara Bendera dan dilanjutkan dengan pengenalan Kelas Inspirasi. Setelah upacara bendera, para Inspirator memasuki kelas. Jam pengajaran mengikuti jam belajar sekolah dan secara bergantian para inspirator memasuki kelas. Dokumentator, Fotografer dan Videografer, akan mendokumentasikan seluruh rangkaian Hari Inspirasi di masing-masing sekolah. Untuk kelancaran semua kegiatan itu masing-masing kelompok didampingi Fasilitator sebagai ujung tombak Panitia Kelas Inspirasi.

Pada akhir Hari Inspirasi masing-masing kelompok melakukan selebarasi dan penutupan dengan cara yang unik dan meriah seperti menempelkan cita-cita di Pohon Cita-Cita atau Langit Cita-Cita. Ada yang menerbangkan cita-cita dengan Pesawat Cita-Cita atau Balon Cita-Cita. Kelompok 1 SDN 117486 Kampung Sipirok Desa Selat Besar melakukannya dengan Tapak Tangan Cita-Cita dan Penanaman Pohon Matoa.

Refleksi

Setelah selesai menunaikan Hari Inspirasi di masing-masing sekolah, seluruh relawan berkumpul di Aula Kelurahan Negeri  Lama untuk melakukan Refleksi. Acara dimulai pada jam 14.00 adalah kegiatan yang berbagi pengalaman selama Hari Inspirasi di sekolah sekaligus memberikan saran untuk kegiatan Kelas Inspirasi di masa mendatang.

Acara dibuka dengan doa dari Bapak Junaidi, seorang Inspirator dan sambutan dari Koordinator Kelas Inspirasi 2, Mardian Junary nasution. Bapak Ibrahim selaku Kepala UPT Diknas Bilah Hilir turut hadir dan menyampaikan sambutan dan ucapan terimakasih atas kegiatan Hari Inspirasi di Kecamatan Bilah Hilir.

Seluruh relawan sangat antusias memberikan pengalaman serunya dan berharap dapat terlibat di Kelas Inspirasi Labuhanbatu yang akan datang. Beberapa relawan berkeinginan untuk kembali ke sekolah untuk melakukan kegiatan bersama. Keseruan semakin ramai ketika masing-masing kelompok membawakan Yel Yel yang kreatif dan jenaka. Juanda Pranggana, koordinator dokumentator, memandu acara refleksi ini dengan baik.

10600606_793962050739398_8082631089699274209_n

Di bagian akhir, Ibu Dwi Endah dari Kelas Inspirasi Medan mengingatkan kepada seluruh relawan agar tidak terjebak dalam euphoria. Harus ada tindak lanjut kegiatan.  Beliau mengajak relawan untuk turun tangan dan melakukan hal yang bermanfaat bagi sekolah tempatnya menginspirasi sesuai dengan kepasitasnya masing-masing. Pegiat Kelas Inspirasi di Sumatera Utara (KI Medan, KI Labuhanbatu, KI Siantar, dan KI Binjai Raya) diminta untuk membagi kisah inspirasinya dalam proyek penerbitan buku inspirasi dalam waktu dekat.



Red/TP

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 5 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*

Tinggalkan komentar

empatbelas − dua =