Topbar widget area empty.
Akber Labuhanbatu Ikut Pesta Pendidikan Pesta Pendidikan Tampilan penuh

Akber Labuhanbatu Ikut Pesta Pendidikan

Menyambut Hari Pendidikan Nasional tahun 2016 akan diselenggarakan sebuah event akbar pendidikan yang diberi nama PEKAN. PEKAN adalah singkatan dari Pesta Pendidikan yang merupakan kerjaan bareng-bareng antara komunitas pendidikan, sekolah, lembaga edukasi, profesional, dan media untuk membuat acara nasional pendidikan yang rencananya bakal dilaksanakan setiap tahun selama bulan Mei.

PEKAN bertujuan agar gerakan pendidikan bisa berdampak lebih besar dengan saling mendukung antar lembaga, media, dan pemerintah. Peluncuran PEKAN dilaksanakan tgl 1 Mei di Monumen Nasional oleh Mendiknas Anies Baswedan dengan menekan tombul lampu yang bertuliskan “Semua Murid Semua Guru” di dinding tugu. PEKAN juga dimeriahkan dengan peluncuran buku Ki Hadjar Dewantara dan Budi Utomo. Selama satu bulan setiap malam lampu sorot di Monas akan memunculkan tulisan Pesta Pendidikan. Sejumlah kegiatan yang akan dilakukan adalah Live show oleh Metro TV tanggal 2 Mei, nonton film pendidikan di taman menteng Jakarta tanggal 20 Mei dan acara puncak tanggal 29 Mei di FX Sudirman dari pagi sampai malam.

Akademi Berbagi (Akber) adalah satu dari 97 Komunitas yang ikut ambil bagian dalam PEKAN sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia.  Abdul Karim selaku Kepala Sekolah Akber Labuhanbatu mengatakan keikutsertaan Akber bertujuan agar gerakan Akber juga ikut besar dan berdampak. Gerakan Akber dikenal secara nasional, bukan hanya Akber Jakarta tetapi Akber di semua kota termasuk Labuhanbatu.

Hari Pendidikan Nasional tahun ini bertema “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-Cita.” Secara khusus Ainun Chomsun, Founder Akademi Berbagi, memberikan sambutan:

“Hari ini hari istimewa buat saya, sebagai pendiri Akademi Berbagi. Terlebih lagi sebagai manusia yang percaya untuk mengubah hidup harus mendapatkan pendidikan yang cukup. Akademi Berbagi adalah bagian dari kegelisahan tentang pendidikan bermutu yang seharusnya untuk semua orang ternyata masih susah diakses oleh kebanyakan orang. Hanya hal kecil dan belum seberapa, tetapi ketika dilakukan bersama-sama mungkin dampaknya bisa luar biasa. Teman-teman relawan di seluruh penjuru negeri, kalianlah harapan saya untuk terus menggulirkan perubahan dan menyebarkan manfaat belajar dan berbagi. Saya hanya memulai, di tangan kalian Akademi Berbagi bisa lebih berkembang lagi. Saatnya para relawan mengambil peran, di mana pun kalian tinggal untuk menjadikan pendidikan sebagai hal yang mudah diakses siapa saja dan di mana saja, sehingga manusia Indonesia yang berkualitas itu bukan slogan semata. Selamat hari pendidikan para relawan. Teruslah berjuang bersama, sebarkan virus belajar dan berbagi hingga ke seluruh penjuru negeri.”

Sebagai bentuk partisipasi Akademi Berbagi dalam PEKAN akan diadakan Kelas bertema Pendidikan di sejumlah Kota/Kabupaten. Akber Labuhanbatu akan mengadakan Kelas Digital Learning bersama Donny Suhendri, Manager PT. Telkom Rantauprapat, di Graha Telkom Rantauprapat pada Sabtu 14 Mei 2016 jam 14.00 dan Rumah sebagai Pusat Pendidikan bersama Diana Sari, Institut Ibu Profesional, di Aula Kelurahan Padang Matinggi Rantauprapat pada Minggu 15 Mei jam 09.00.

Red/TP

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 9 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*

Tinggalkan komentar

4 + 16 =