Topbar widget area empty.
Napak Tilas Sejarah Perjuangan Labuhanbatu Napak Tilas 1 Tampilan penuh

Napak Tilas Sejarah Perjuangan Labuhanbatu

Menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, Sabtu (13/8) dilakukan kegiatan Napak Tilas Pejuang Labuhanbatu yang diikuti oleh 200 orang siswa dari SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta di Labuhanbatu. Masing-masing sekolah mengirimkan 10 orang siswa dalam satu regu yang terdiri dari 5 laki-laki dan 5 perempuan.

 

Sebelum memulai kegiatan, seluruh siswa berkumpul di Lapangan Ika Bina Rantauprapat pada pukul 06.30 dan mendapat arahan dari Panitia dan Bapak H. Said Adlin, S. Pd, Sekretaris Disporabudpar Labuhanbatu.

 

 

napak tilas7

 

 

Selanjutnya seluruh peserta Napak Tilas yang menggunakan kostum pejuang TNI, pejuang masyarakat, tim medis, dan masyarakat tempo dulu diberangkatkan ke Tugu JuangĀ  Lobusona dengan kendaraaan yang diiringi Patwal Dishubkominfo Labuhanbatu serta seluruh panitia dan pendukung acara.

 

 

napak tilas6

 

 

Jalur Napak Tilas di awali dari Pos I yaitu Tugu Juang Lobusona. Sebelum pelepasan, peserta napak tilas diberikan pengetahuan sejarah perjuangan Labuhanbatu dari dari Eksponen Angkatan 66 yang disampaikan oleh Bapak M.O. Siregar, Angkatan 45 oleh Abdul Hakim Lubis dan dari LVRI Kabupaten Labuhanbatu disampaikan oleh Bapak Supeno Hariadi.

 

 

Napak Tilas 1

 

 

Setelah dibekali Sejarah Perjuangan Labuhanbatu dilepas dan menelusuri Hutan Lobusona dan beberapa aral rintang yang telah disiapkan oleh panitia.

 

 

napak tilas3

 

 

napak tilas5

 

 

Peserta selanjutnya berjalan kaki menelusuri Jalur Pejuang sampai ke Markas/Tatengger Pejuang Labuhanbatu tahun 1948, yaitu di Rumah Dinas Kepala PLN Jl. MH. Thamrin Simpang Jl. Skip Rantauprapat. Ada sekitar 7 pos yang harus ditelusuri oleh seluruh peserta, dimana dimasing-masing pos selain mendapatkan bantuan medis dan makanan, peserta harus menyelesaikan tugas yang diberikan oleh panitia. Untuk melewati setiap pos, peserta harus menyampaikan yel-yel regu.

 

 

napak tilas2

 

 

napak tilas4

 

 

Di Pos Akhir Napak Tilas, Rumah Dinas PLN Rantauprapat, Wakil Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT, memberikan arahan dan bimbingannya tentang perjuangan panjang yang penuh dengan darah dan air mata yang dilakukan oleh para sesepuh bangsa kita. Sejarah mencatat selama tiga ratus lima puluh tahun bangsa kita dibawah jajahan belanda dan tiga setengah tahun dibawah jajahan bangsa jepang yang merupakan masa-masa pahit yang tak boleh dilupakan oleh bangsa kita agar tertanam teguh di dalam jiwa kita, sekali merdeka tetap merdeka.

 

Seluruh rangkaian acara diakhiri dengan pembacaan dan penyerahan Regu Terbaik yang dimenangkan oleh regu SMA Swasta Kemala Bhayangkari Rantauprapat.

 

 

(Foto: Juanda Pranggana)

Red/TP

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 9 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*