Topbar widget area empty.
Pemenang Hadiah Nobel 2016 Bob Dylan, salah satu pemenang Hadiah Nobel 2016 Tampilan penuh

Pemenang Hadiah Nobel 2016

Musisi legendaris Bob Dylan (75) ditetapkan sebagai penerima Hadiah Nobel Sastra. Pengumumannya dilakukan di Stockholm, Swedia, Kamis (13/10/2016). Dia merupakan penyanyi dan penulis lagu pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Komite Nobel Swedia menyebut Dylan sudah menciptakan karya puitis dalam tradisi musik Amerika yang agung. Nama Bob Dylan sudah disebut-sebut sebagai calon pemenang Hadiah Nobel dalam beberapa tahun terakhir. Namun hal itu tidak pernah dianggap serius.

Hadiah Nobel Sastra itu merupakan penghargaan kesekian kali bagi pria yang dilahirkan dengan nama Robert Allen Zimmerman tersebut. Dengan mendapatkan Hadiah Nobel Sastra, Dylan berhak atas uang sebesar 8 juta kronor atau sekitar Rp 11 miliar.

Pemenang Hadiah Nobel untuk bidang lain, seperti kesehatan, fisika, kimia, ekonomi, dan perdamaian sudah diumumkan dalam sepekan terakhir.

Upacara penyerahan penghargaan tersebut akan digelar di Stockholm pada 10 Desember mendatang. Namun upacara untuk Hadiah Nobel Perdamaian akan diadakan di Oslo, Norwegia, pada hari yang sama.

Para Pemenang Hadiah Nobel 2016

Yoshinori Ohsumi

pic_faculty_profohsumi02

Yoshinori Ohsumi adalah seorang ilmuwan biologi sel dan profesor di Tokyo Institute of Technology. Ia menerima Penghargaan Kyoto untuk Sains Dasar pada tahun 2012, dan Nobel Fisiologi atau Kedokteran. Lahir: 9 Februari 1945 (71 tahun), Fukuoka, Prefektur Fukuoka, Jepang. Pendidikan: Universitas Tokyo. Penghargaan: Penghargaan Nobel untuk Fisiologi atau Kedokteran, lainnya

 

Oliver Simon D’Arcy Hart

hart_oliverresize

Oliver Simon D’Arcy Hart adalah seorang pakar ekonomi dan profesor di Harvard University warga negara Amerika Serikat yang terpilih sebagai penerima Penghargaan Nobel dalam bidang Ekonomi tahun 2016 bersama Bengt R. Lahir: 9 Oktober 1948 (68 tahun), London, Britania Raya. Buku: Firms, Contracts, and Financial Structure. Pendidikan: Universitas Princeton (1974), University of Warwick (1972). Penghargaan: Penghargaan Nobel untuk Ilmu Ekonomi, Beasiswa Guggenheim untuk Ilmu Sosial, AS & Kanada

 

John Michael Kosterlitz

jkosterl_thumb

John Michael Kosterlitz adalah seorang ahli Fisika dan profesor di Brown University, warga negara Inggris. Lahir: 1942, Aberdeen, Britania Raya. Penghargaan: Penghargaan Nobel Fisika.

 

James Fraser Stoddart

stoddart175

James Fraser Stoddart lahir 24 Mei 1942; umur 74 tahun) adalah seorang pakar kimia supramolekuler dan profesor di Northwestern University berkewarganegaraan Inggris. Lahir: 24 Mei 1942 (74 tahun), Edinburgh, Britania Raya. Pasangan: Norma Agnes Scholan (m. 1968–2004). Pendidikan: Universitas Edinburgh. Anak: Alison Stoddart. Buku: Stereochemistry of Carbohydrates, The Nature of the Mechanical Bond: From Molecules to Machines. Penghargaan: Penghargaan Nobel Kimia, Arthur C. Cope Award, Medali Davy, Anugerah Albert Einstein untuk ilmu pengetahuan.

 

Jean-Pierre Sauvage

portrait_jp_sauvage

Jean-Pierre Sauvage lahir 21 Oktober 1944; umur 71 tahun adalah seorang pakar kimia supramolekuler dan profesor di Strasbourg University berkewarganegaraan Perancis. Lahir: 21 Oktober 1944 (71 tahun), Paris, Perancis. Pendidikan: University of Strasbourg. Penghargaan: Penghargaan Nobel Kimia.

 

Bob Dylan

bob-dylan-resize

Bob Dylan adalah seorang penyanyi-penulis lagu, musikus dan penyair Amerika yang sumbangannya terhadap musik Amerika bertahan lama. Lahir: 24 Mei 1941 (75 tahun), Duluth, Minnesota, Amerika. Tinggi: 1,71 m. Film: Pat Garrett and Billy the Kid, Renaldo and Clara, lainnya. Pengaruh: Elvis Presley, Woody Guthrie, Allen Ginsberg, lainnya

 

Duncan M. Haldane

heldenresize

Duncan M. Haldane adalah seorang ahli Fisika dan profesor di Princeton University, warga negara Inggris. Lahir: 14 September 1951 (65 tahun), London, Britania Raya. Pendidikan: Universitas Cambridge. Penghargaan: Penghargaan Nobel Fisika.

 

David J. Thouless

thoulessd

David J. Thouless adalah seorang ahli Fisika dan profesor di University of Washington, warga negara Inggris. Lahir: 21 September 1934 (82 tahun), Bearsden, Britania Raya. Buku: The Quantum Mechanics of Many-body Systems. Pendidikan: Trinity Hall, Cambridge, Universitas Cornell. Penghargaan: Penghargaan Nobel Fisika, lainnya

 

Bengt R. Holmström

bengt_holmstrom

Bengt R. Holmström (lahir 18 April 1949; umur 67 tahun) adalah seorang pakar ekonomi dan profesor di Massachusetts Institute of Technology warga negara Finlandia. Terpilih sebagai penerima Penghargaan Nobel dalam bidang Ekonomi tahun 2016 bersama Oliver Simon Hart untuk hasil kontribusi mereka mengenai teori kontrak yang banyak dipakai dalam kebijaksanaan dan kontrak publik.

 

Juan Manuel Santos Calderón

manuel-santos

Juan Manuel Santos Calderón adalah seorang ekonom dan politisi Kolombia, mantan Menteri Pertahanan, dan Presiden terpilih Kolombia saat ini setelah memenangi pemilu presiden Kolombia 2010 dan 2014. Lahir: 10 Agustus 1951 (65 tahun), Bogotá, Kolombia. Pasangan: María Clemencia Rodríguez Múnera (m. 1987). Masa kepresidenan: 7 Agustus 2010 – sekarang. Anak: Esteban Santos, Martín Santos, María Antonia Santos. Orang tua: Enrique Santos Castillo, Clemencia Calderón Nieto. Pendidikan: Sekolah Pemerintahan John F. Kennedy (1981).



 

Bernard Lucas Feringa

Prof. Ben Feringa

Bernard Lucas Feringa lahir 18 Mei 1951; umur 65 tahun adalah seorang pakar kimia organik dan profesor di University of Groningen berkewarganegaraan Belanda. Lahir: 18 Mei 1951 (65 tahun), Barger-Compascuum, Belanda. Penghargaan: Penghargaan Nobel Kimia.

Sumber: Kompas & wikipedia

Ratu Balqis
Ditulis oleh Ratu Balqis
( 1 Followers )
X

Follow Ratu Balqis

E-mail :*

Tinggalkan komentar

13 − 8 =