Topbar widget area empty.
  • Beranda  /
  • Peristiwa   /
  • Deklarasi Kabupaten Labuhanbatu & Rekor MURI Literasi Menulis Harapan
Deklarasi Kabupaten Labuhanbatu & Rekor MURI Literasi Menulis Harapan Deklarasi Kabupaten Literasi Tampilan penuh

Deklarasi Kabupaten Labuhanbatu & Rekor MURI Literasi Menulis Harapan

Demi kesejahteraan masyarakat. Demi pembangunan yang berkelanjutan. Demi masa depan yang gemilang. Demi generasi muda Labuhanbatu. Demi masa depan labuhanbatu. Kami berbagai elemen masyarakat mencanangkan Labuhanbatu sebagai kabupaten Literasi yang akan dilakukan secara konsisten.

Selasa, 29 Nopember 2016 menjadi hari yang bersejarah bagi Kabupaten Labuhanbatu karena pada hari itu Labuhanbatu mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Literasi dan sebuah Rekor MURI diciptakan dengan 10.120 Karangan Harapan Pelajar Terbanyak.

Wakil Bupati Labuhanbatu, Ir. Andi Suhaimi Dalimunthe, MT membacakan Teks Deklarasi sebagai tanda Pencanangan Kabupaten Literasi dan memukul gong. Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu akan komitmen membangun budaya literasi. Permendikbud No.23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti yang isinya mengatur kewajiban membaca di sekolah ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Bupati tentang Kegiatan Membaca selama 15 menit sebelum dan sesudah kegiatan belajar pada sekolah-sekolah di Labuhanbatu.

15310628_10211258230441747_1995090666_n

Labuhanbatu pionir gerakan membaca di Sumatera Utara dan Kemendikbud telah menominasikan Labuhanbatu sebagai Percontohan Kabupaten Literasi Nasional bersama 19 Kabupaten/Kota. Di Sumatera Utara ada 4 daerah yang sudah mendeklarasikan sebagai Kabupaten/Kota Literasi Labuhanbatu yaitu: Kab. Labuhanbatu, Kab. Serdang Bedagai, Kota Tebing Tinggi dan Kota Binjai. Karenanya Sumatera Utara akan menjadi Provinsi Literasi dalam waktu dekat, demikian sambutan Agur Marwan, Koordinator Provinsi USAid Prioritas Sumatera Utara.

Deklarasi Kabupaten Literasi dilanjutkan dengan Pengematan Pin kepada Duta Literasi tingkat SD dan SLTP oleh Wakil Bupati Labuhanbatu, Kodim 0209 Labuhanbatu, Polres Labuhnbatu, Pengadilan Negeri Rantauprapat, Sekretaris Kemenag Labuhanbatu, Kadis Pendidikan, Dewan Pendidikan Labuhanbatu, USAid Prioritas, Forum Masyarakat Literasi Labuhanbatu dan undangan lainnya.

15239272_10211258230201741_1210202174_n

Kegiatan penciptaan Rekor MURI untuk Menulis Harapan tentang daerahnya oleh Pelajar Terbanyak juga dilakukan oleh 10.120 SD dan SLTP di GOR Rantauprapat dan 5 sekolah lainnya secara serentak. Akhirnya MURI memberikan Penghargaan setelah sebelumnya, di tahun 2013 Kabupaten Labuhanbatu pernah mendapat penghargaan dalam kategori rekor Permainan Tradisional dengan jenis peserta terbanyak.

Naskah Deklarasi Kabupaten Literasi

Demi kesejahteraan masyarakat. Demi pembangunan yang berkelanjutan. Demi masa depan yang gemilang. Demi generasi muda Labuhanbatu. Demi masa depan Labuhanbatu. Kami berbagai elemen masyarakat mencanangkan Labuhanbatu sebagai Kabupaten Literasi yang akan dilakukan secara konsisten.

Pertama, Mendorong peningkatan kemampuan dan kecerdasan Literasi Pelajar di Kabupaten Labuhanbatu melalui gerakan budaya membaca dan menulis, mulai tingkat SD/MI, SMP/MTs.

Kedua, secara terus menerus menciptakan program-program inovatif guna memberikan lingkungan yang mendukung bagi pencanangan Kabupaten Literasi, baik di tingkat sekolah/Madrasah dan Lingkungan Masyarakat.

Ketiga, melibatkan seluruh masyarakat, untuk berpartisipasi aktif, menciptakan generasi yang terampil dan cerdas Literasi, melalui pembudayaan kegiatan membaca dan menulis.

Keempat, Memperluas akses kepada masyarakat untuk mendapatkan materi bacaan yang mendidik, berkarakter dan berbudaya, sehingga menciptakan manusia yang bertaqwa, cerdas, santun, unggul dan terampil untuk mewujudkan Labuhanbatu yang lebih hebat dan lebih berjaya.

Semoga Allah yang Maha Kuasa meridhoi usaha ini. Aamiin.



Rantauprapat 29 Nopember 2016
Red/TP

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 5 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*