• Beranda  /
  • Peristiwa   /
  • Kelas Inspirasi Labuhanbatu Utara Gelar Hari Inspirasi
Kelas Inspirasi Labuhanbatu Utara Gelar Hari Inspirasi Kelas Inspirasi Labuhanbatu Utara Gelar Hari Inspirasi - Terkait Tampilan penuh

Kelas Inspirasi Labuhanbatu Utara Gelar Hari Inspirasi

Senin, 13 Februari 2017 menjadi hari yang istimewa bagi Kabupaten Labuhanbatu Utara karena untuk pertama kalinya Hari Inspirasi dilakukan. Ada 7 Sekolah Dasar dan 1 Madrasah Ibtidaiyah (Al-Arif Kuala Beringin) yang menjadi tempat Inspirasi. Hari Inspirasi adalah hari dimana sejumlah Inspirator turun langsung ke sekolah mengajar dan berbagi pengalaman tentang profesi mereka lengkap dengan atribut dan perlengkapan kerja. Para Inspirator didampingi sejumlah Fasilitator dan Dokumentator yang membantu dan mendokumentasikan kegiatan di Hari Inspirasi.

dokter

Surianto, Koordinator Kelas Inspirasi Labuhanbatu mengatakan bahwa Kelas Inspirasi adalah bagian dari Gerakan Indonesia Mengajar yang pertama kali diselenggarakan di Jakarta pada 25 April 2012. Kelas Inspirasi bertujuan menanamkan cita-cita sedini mungkin pada generasi bangsa. Semakin cepat ditanamkan akan sebaik kokoh untuk menjadi fondasi dan motivasi mereka dalam belajar dan mewujudkannya. Karenanya sekolah yang dipilih adakah Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah baik negeri maupun swasta.

surianto

Delapan sekolah yang menjadi tempat Hari Inspirasi berada di Kecamatan Kualuh Hulu dan Kecamatan Kualuh Selatan. Insiprator yang mengajar berasal dari berbagai daerah di Sumatera Utara dan juga luar Sumatera Utara. Juga dengan beragam Profesi seperti Profesi Kesehatan (dokter, bidan, perawat), Profesi Pendidikan (guru, dosen, trainer, konsultan pendidikan), Profesi Seni Budaya (tari, musik, rias), Pegawai Negeri Sipil, dan lain sebagainya. Keberagaman profesi akan membuat anak memiliki referensi yang beragam tentang profesi.

refleksi

Sore harinya, seluruh Inspirator, Dokumentator dan Fasilitator berkumpul di Aula SMAN 1 Kualuh Hulu untuk melakukan Refleksi. Refleksi adalah kegiatan berbagi pengalaman yang terjadi di Hari Inspirasi sekaligus menjadi Evaluasi. Seluruh Kelompok diharapkan melakukan follow up dan kembali turun langsung ke Sekolah sehingga silaturahmi antara Relawan  (Inspirator, Dokumentator & Fasilitator) dan Sekolah tetap terjaga.

ramai

Seluruh Relawan hari itu tampak gembira dan haru. Merasakan sesuatu yang baru. Sesuatu yang tidak pernah mereka bayangkan. Merasakan masa lalu sekaligus mendesain masa depan. Satu harapan yang ingin dicapai. Satu hari mengajar untuk menginspirasi selamanya.



Red/TP

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

[wpw_follow_author_me author_id = "5"]

Tinggalkan komentar

12 − sepuluh =