Topbar widget area empty.
  • Beranda  /
  • Peristiwa   /
  • Menulis Cerita; sebuah Program Magang FLP Labuhanbatu
Menulis Cerita; sebuah Program Magang FLP Labuhanbatu Menulis Cerita Tampilan penuh

Menulis Cerita; sebuah Program Magang FLP Labuhanbatu

Forum Lingkar Pena Labuhanbatu pada minggu pagi tanggal 26 Februari 2017 menyelenggarakan Pelatihan Menulis Cerita di Kampus AMIK STIEKOM Sumatera Utara. Pelatihan ini merupakan bagian dari Program Magang bagi Calon Anggota Baru FLP Labuhanbatu. Sebanyak 20 orang Calon Anggota Angkatan III mengikuti pelatihan pagi itu.

Tatang Hidayat, Ketua FLP Labuhanbatu terdahulu, dalam materinya mengatakan fiksi adalah bentuk asasi karya sastra atau karya kreatif, yang sejati lahir atau dicipta aktif, karena kemampuan berpikir indah atau berpikir estetis, melalui kalimat-kalimat naratif yang pandai. Ada tujuh jenis cerita dalam fiksi yaitu:

  1. Cerita bersambung (feuilleton)
  2. Cerita pendek (short story)
  3. Cerita singkat
  4. Cerita syiar
  5. Cerita kasus
  6. Cerita sosial
  7. Cerita lucu

Peserta tidak hanya disajikan teori namun praktik menulis seperti menulis Cerita Singkat. Peserta diminta menulis dan membacakan karyanya di depan kelas. Sampah yang menjadi tema cerita singkat disajikan dalam cerita dan persfektif berbeda dan menarik oleh peserta Magang.

16998106_10212161283817517_9129577765298192451_n

Materi Cerita Pendek dan Novel yang mendapat penjelasan lebih hari itu karena kedua cerita ini yang paling diminati dan mendapat tempat di media dan masyarakat.  Cerpen yang sesungguhnya ada dalam tradisi sastra Melayu antara kias atau fable atau alegori merupakan tradisi sastra Barat yang telah dikenal sejak abad ke-14 yaitu short story (Inggris), Novelle (Belanda), Novella (Itali), Conte (Prancis).

Salah satu ciri hakiki jenis sastra ini adalah ‘pendek’ bukan karena halamannya, tetapi ‘pendek’ dalam pengertian wilayah insiden yang singel atas perwatakan sosok sebagai peran dalam cerita.

Short story, a short story invented written story, shorter than a NOVEL, usually cointaining only a few characters and often dealing with feelings rather than events. (Longman Dictionary of English Language and Culture).

Peserta Magang diminta mengaplikasi materi pelatihan dalam bentuk tugas menulis Cerpen yang akan dikumpulkan seminggu ke depan. Peseta juga diminta merancang cover novel yang akan mereka tulis lengkap dengan judul dan nama pena.



Red/TP

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 5 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*