Topbar widget area empty.
Briefing Kelas Inspirasi Labuhanbatu 3 Briefing Kelas Inspirasi Labuhanbatu 3 Tampilan penuh

Briefing Kelas Inspirasi Labuhanbatu 3

Kelas Inspirasi Labuhanbatu 3 akan melakukan Briefing KI pada hari Sabtu, 1 April 2017 jam 14.00 di GOR Rantauprapat. Briefing KI adalah rangkain Kelas Inspirasi yang akan memberikan pembekalan bagi para Inspirator dan Dokumentator sebelum melaksanan Hari Inspirasi. Kris Hardianto, Koordinator KI Labuhanbatu 3, mengatakan pada saat Briefing beberapa hal yang disampaikan antara lain 7 Sikap Dasar Kelas Inspirasi, yaitu:

  1. Semua pihak yang terlibat mengikuti kegiatan ini dengan penuh kerelaan hati. Mereka terlibat tanpa paksaan, baik sekolah maupun relawan/pegiatnya.
  2. Bebas kepentingan. Kegiatan ini bebas dari relasi dengan institusi perusahaan/lembaga tempat pegiat bekerja, relasi dengan motif pemasaran perusahaan dan berbagai kepentingan nonpendidikan yang tidak relevan. Satu-satunya kepentingan yang ada adalah demi masa depan anak-anak Indonesia.
  3. Tanpa biaya. Tidak ada biaya, baik yang dipungut dari relawan, sekolah atau siapapun. Tidak juga melibatkan pendanaan dari perusahaan atau lembaga lain. Satu-satunya pendanaan yang mungkin hanyalah iuran dari relawan/pegiat.
  4. Siap belajar. Bersikap terbuka dan saling belajar, baik sekolah, pegiat/relawan dan semua pihak yang terlibat. Relawan terbuka belajar khususnya bagaimana mengajar di depan kelas, sekolah juga terbuka dengan masukan dari relawan khususnya tentang penyelenggaraan KI.
  5. Turun tangan langsung. Para pegiat dan juga pihak sekolah selalu siap turun tangan langsung, fokus pada aksi dan dampak bagi siswa dan kemajuan sekolah. Kesiapan turun tangan juga dibuktikan dengan siap mengambil cuti pada hari H dan siap untuk berkorban menyiapkan berbagai hal sebelum hari H.
  6. Siap bersilaturahmi. Terbuka untuk membangun silaturahmi, baik relawan maupun sekolah. Relawan dan sekolah terbuka, saling rendah hati dan tulus untuk terus menjalin silaturahmi demi kemajuan sekolah dan pendidikan bersama.
  7. Semua pihak percaya bahwa ini bukan tentang diri relawan, bukan tentang para pengurus sekolah tetapi demi anak-anak Indonesia yang akan lebih percaya diri dan siap berjuang menyongsong cita-cita mereka.

Juanda Prangga, Pegiat KI Labuhanbatu 3, menambahkan bahwa dalam Briefing akan disampaikan tentang Persiapan Pengajaran, Metode Penyampaian Materi dan Manajemen Kelas. Para Inspirator akan diajarjan bagaimana membuat lesson plan  (rencana pengajaran) sebagai panduan mengenai metode pengenalan profesi yang akan dilakukan di kelas.

Kelas Inspirasi Labuhanbatu 3 akan diselenggarakan di 6 Sekolah Dasar yang terdapat di Kecamatan Bilah Hulu  secara pada hari Senin, 10 April 2017 yaitu:

  • SDN 112173 N5 Aek Nabara
  • SDN 112178 s2 Aek Nabara
  • SDN 112177 S1 Aek Nabara
  • SDN 112174 N6 Aek nabara
  • SDN 112185 Gunung Selamat
  • SDN 117469 Pematang Seleng

Rangkaian Kelas Inspirasi ini akan ditutup dengan Sesi Refleksi . Refleksi adalah sesi dimana relawan  akan  membagikan  cerita tentang  apa yang  dialami dan inspirasi apa yang diperoleh selama mengikuti  Kelas Inspirasi.  Sesi ini  penting dilakukan untuk tetap menjaga antusiasme relawan dalam berkontribusi bagi  pendidikan di  Indonesia  dan menjadi evaluasi bagi seluruh pegiat maupun inspirator relawan. Sesi refleksi akan dilaksanakan  segera setelah mengajar, yaitu  pada tanggal  10 April 2017 pukul 14.00 WIB.

 

Red/TP

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 9 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*