Topbar widget area empty.
Kisah Inspiratif para Ibu Hebat cover hobi jadi duit 2 Tampilan penuh

Kisah Inspiratif para Ibu Hebat

Resensi M Ivan Aulia Rokhman

 

 

Judul : Dari Hobi jadi Duit

Penulis : Rita Audriyanti, dkk

Penerbit : Farha Pustaka

Cetakan : I, Agustus 2019

Tebal : 171 Halaman

ISBN : 978-623-7396-71-0

 

Dari kegemaran ia memiliki segudang bisnis yang patut dicoba. Setiap hari menghabiskan waktu dengan anak. Bahkan bila rewel selalu dihibur. Walaupun perjuangkan membuahkan hasil. Buktinya para ibu ini mendirikan berbagai hal selalu dimodali dengan niat dan tulis. Bahkan tekad apa dicapai dalam bidang tertentu. Salah satu mendalami buku yang berisi kumpulan kisah para ibu yang telah meraup sukses. Dari jualan atau sebagainya mampu menarik perhatian para konsumen. Tujuan memahami buku ini untuk dijadikan contoh bagi para calon ibu menunjukkan keberanian terhadap sesuatu. Itulah kenapa setiap bab ini mengeluti hobi jadi penghasilan yang berlimpah.

 

Bab pertama mengenai usaha kue yang awal mula kurang enak lama-kelamaan jadi lezat. Umiq Safa yang bekerja di Arab Saudi sengaja membuat kue dari berbagai resep. Di sana sulit menemukan kue kesukaan anak-anak. Selain menjual kue bakal membuka les privat bagi anak-anak sekolah Indonesia. Umiq ini berpikir jika membuat kue dari resep khas Indonesia lewat referensi yang bisa disukai. Walaupun setiap hari memasak di dapur semangat pun tak akan lelah. Begitu mencoba kue buatan Umiq pada komunitas pengajian buktinya gurih sampai tertarik menikmati. Jadi proses yang ditekuni Umiq otodidak membuat kue lewat youtube. Hingga akhirnya Umiq mendirikan catering kue bagi masyarakat jeddah. Walau hujan permintaan selalu bertambah membuat Umiq gembira dan meraup penghasilan. Jadi kesuksesan bisa dibangun dari otodidak.

 

Kisah Buku Anak Pembawa Rezeki menceritakan tentang keseharian Bu Faridah menumpuk seiring mengajar sampai aktivitas lainnya. Ia mencari buku yang berisi edukasi pada anak. Ia mendapat surat bahagia dari bapak TNI yang bertugas di Sudan. Keinginannya menawarkan buku-buku untuk dijadikan review. Begitu membeli barang seperti buku warna, lipat, permainan yang dijadikan usaha kids store. Bu Faridah mengambil foto gambar barang dan publikasi ke akun instagram. Hasilnya pemesan pada membeli barang dari penjuru negara. Yang paling repot adalah barangnya dipacking lalu mempertimbangkan ongkos kirim ke berbagai negara. Kesuksesan buku berkembang menjadi online bookstore. Ia berharap dengan adanya buku anak dapat menjadi salah satu hiburan bagi balita dan usia SD.

 

Sungguh menarik karena keberhasilan ibu dalam enterpreneur salah satu kesuksesan yang tak ternilai harganya. Walaupun berdomisli di luar negeri tapi aktivitas bisa dipertahankan. Selanjutnya Babysitting Pengobat Rindu menceritakan tentang seorang ibu bekerja sebagai penjaga anak. Repot sekali bila mengawasi anak dengan penuh tanggung jawab. Melayani penitipan anak dilihat dari keadaan balita yang keseharian di rumah lalu layak dititipkan. Alasan penitipan balita ini ada pekerjaan di luar kota untuk mencari gaji. Untuk rumah yayasan tersebut dibekali dengan permainan dan dihibur membuat balita tidak takut pada siapa pun. Orang tua balita memberikan sesuatu kepada petugas jika ada apa-apa silakan diambil dan melayani sepenuh hati. Babysitting sekadar mengisi waktu malah meraih penghasilan berlimpah.

 

Kisah paling menarik bermula dari tontonan drama korea. Ya salah satu ibu ini mencoba makanan khas korea dengan resep tertentu. Seringkali ia membutuhkan bahan untuk jadikan referensi makanan khas negara tertentu. Korea Drama, Korean Pop dan Hallyu Star ini menjadi pengaruh kehidupan sosial bermasyarakat khususnya pada kalangan muda. Selain itu bisa jadikan penggemar setia.

 

Selain tertarik pada resep makanan dan usaha lainnya bakal dijual secara online. Seperti emak yang satu ini memiliki inovasi usaha lewat online. Bermodalkan handphone pintar dan sisa waktu mengurus anak dan rumah para emak bergerilya menawarkan barang yang menarik dan diunggah di sosial media. Kesuksesan diukur dari jumlah pembeli dan barang yang terjual. Tetap berniat untuk mendapatkan rezeki. Segelintir cerita susah payah menabung uang demi kebaikan. Mencari duit sebatas kemampuan dari sekolah. Ada yang pernah harapan menjadi penjaga perpustakaan saat melanjutkan kuliah. Penuh rasa syukur suaminya mendapat cukup rezeki material yang memungkinkan dia untuk berbelanja. Alhasil barang yang dijual di media sosial bakal meraup untung. Semangat para ibu menjadi pembelajaran bagi calon istri hebat. Intinya adalah apapun yang kalian punya jalani apa yang punya dan peroleh hasil yang maksimal tanpa henti. Masih banyak lagi kisah yang tertuang dalam buku dan silakan mendalami sendiri. semoga menginspirasi.

 

M. Ivan Aulia Rokhman, Anggota Divisi Karya FLP Surabaya. Lahir di Jember, 21 April 1996. Hobby menulis puisi, esai, dan resensi. Karya tulisan telah terbit di media massa serta online. Saat ini berdomisli di Surabaya. Buku telah terbit antologi puisi Sajak Poedjangga untuk Palestina. Kini kuliah di Universitas Dr Soetomo. Alamat : Klampis Ngasem, Sukolilo Surabaya. FB: Kang Ivan Aulia. IG: @mivanauliarokhman. Email: rokhmansyahdika@gmail.com

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 8 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*