Topbar widget area empty.
Informasi tentang Social Distancing cover social distancing Tampilan penuh

Informasi tentang Social Distancing

Pengantar

 

Social Distancing atau Jarak Sosial adalah istilah yang diterapkan untuk tindakan tertentu yang diambil oleh pejabat Kesehatan Masyarakat untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit yang sangat menular. Petugas Kesehatan memiliki wewenang hukum untuk dibawa langkah-langkah menjauhkan sosial. Karena langkah-langkah ini akan berdampak besar pada komunitas kita, apa pun tindakan untuk memulai langkah-langkah jarak sosial akan dikoordinasikan dengan agen-agen lokal seperti pemerintah kota atau kabupaten, polisi dan sekolah, serta dengan pemerintah dan mitra pemerintah.

 

 

Apa langkah-langkah jarak sosial?

 

Langkah-langkah jarak sosial diambil untuk membatasi kapan dan di mana orang dapat berkumpul untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular. Langkah-langkah jarak sosial meliputi membatasi sekelompok besar orang yang datang bersama, menutup bangunan dan membatalkan acara.

 

 

Mengapa langkah-langkah jarak sosial digunakan?

 

Saat ini, langkah-langkah jarak sosial paling sering dipikirkan sebagai cara untuk memperlambat penyebaran pandemi influensa. Para ahli kesehatan telah melihat pandemi sebelumnya dan menemukan bahwa selama pandemi 1957-58, itu penyebaran penyakit ini mengikuti pertemuan publik seperti konferensi dan festival. Dan selama pandemi ini, tingkat serangan tertinggi terlihat pada anak-anak sekolah, karena kontak dekat mereka dalam lingkungan yang ramai. Pakar kesehatan percaya bahwa menghindari kerumunan orang akan menjadi penting dalam memperlambat penyebaran influenza pandemi.

 

Karena pandemi tidak bisa dihentikan begitu pandemi terjadi dimulai, dan karena ahli kesehatan tidak tahu caranya banyak peringatan akan ada, setelah pandemi influenza ditemukan di suatu daerah, langkah-langkah jarak sosial akan digunakan sejak dini untuk memperlambat penyebaran penyakit dan berikan komunitas kita waktu yang berharga perlu dipersiapkan dengan lebih baik.

 

Beberapa contoh langkah jarak sosial yang akan dilakukan selama pandemi meliputi:

  • perguruan tinggi negeri dan swasta menangguhkan kelas, pergi ke pembelajaran dan pembatalan berbasis web semua rapat dan pertemuan kampus besar.
  • Perpustakaan umum dan pribadi memodifikasi mereka operasi dan membatasi orang dari berkumpul dengan membiarkan orang masuk hanya untuk menjemput materi yang telah dipesan atau diminta online atau melalui telepon.
  • Mengubah praktik bisnis perusahaan, pengaturan rencana shift yang fleksibel, memiliki karyawan telecommute dan membatalkan semua rapat besar atau konferensi.

 

Langkah-langkah jarak sosial lainnya yang akan digunakan selama pandemi termasuk penutupan semua sekolah dan fasilitas negeri dan swasta, menutup semua pusat layanan anak, pusat komunitas, mal dan bioskop, seperti serta menangguhkan layanan di semua rumah ibadah. Selain itu, selama pandemi semua acara indoor dan outdoor yang menarik banyak orang akan dibatalkan. Acara ini termasuk acara olahraga, konser, parade, dan festival. Sistem angkutan massal juga dapat ditutup sementara atau hanya digunakan untuk perjalanan penting.

 

 

Apa tindakan kesehatan masyarakat lainnya yang dapat membantu membatasi penyebaran penyakit?

 

Tindakan kesehatan masyarakat lain yang digunakan untuk membatasi penyebaran penyakit menular termasuk isolasi dan karantina. Isolasi digunakan ketika seseorang sakit dan memiliki infeksi menular. Orang yang sakit itu dipisahkan dari orang yang tidak sakit. Orang yang terisolasi mungkin dirawat di rumah sakit, fasilitas kesehatan lainnya dan di rumah mereka sendiri. Di sebagian besar kasus isolasi bersifat sukarela, tetapi pejabat kesehatan pemerintah pusat dan daerah memiliki kekuatan untuk meminta isolasi orang sakit untuk melindungi kesehatan masyarakat umum.

 

Ketika seseorang ditempatkan di karantina, mereka juga terpisah dari yang lain. Meskipun orang itu tidak sakit pada saat itu, mereka terkena penyakit menular, mungkin masih menjadi infeksi dan kemudian menyebar penyakit kepada orang lain. Tindakan karantina lainnya termasuk membatasi perjalanan mereka yang telah terpapar sebuah penyakit menular, dan pembatasan pada orang yang datang atau pergi ke area tertentu. Negara memiliki kekuatan untuk menegakkan karantina di dalam perbatasan mereka.

 

Isolasi dan karantina, keduanya dapat digunakan oleh pejabat kesehatan selama pandemi influenza untuk membantu memperlambat penyebaran penyakit.

 

 

Apa yang dapat saya lakukan?

 

Meskipun mungkin terlihat sederhana, berlatihlah yang baik kebiasaan kebersihan seperti mencuci tangan dan menutupi batuk Anda akan membantu menghentikan atau memperlambatnya penyebaran banyak penyakit.

 

Selama pandemi, penting untuk memahami apa yang mungkin diminta atau dibutuhkan untuk dilakukan. Sangat penting untuk mengikuti setiap instruksi jarak sosial atau instruksi lain atau aturan yang diberikan Kementerian/Dinas Kesehatan. Jadi tolong tetap terinformasi dan rencanakan ke depan.

 

Diterjemahkan dari Fact Sheet Public Health Department Santa Clara Valley Health & Hospital System.

 

Cover Photo by Adil from Pexels

 

Info terkait COVID-19 dapat menghubungi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (COVID-19) di www.covid19.go.id atau Call Center Tim Tanggap COVID-19 di nomor 112, 119 dan 081388376955 (layanan 24 jam).

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 9 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*
%d blogger menyukai ini: