Topbar widget area empty.
  • Beranda  /
  • Opini   /
  • Peran dan Peluang Perempuan dalam Wirausaha
Peran dan Peluang Perempuan dalam Wirausaha cover perempuan wirausaha Tampilan penuh

Peran dan Peluang Perempuan dalam Wirausaha

Opini Iliana Loelianto

 

 

Peran perempuan dalam meningkatkan kualitas hidup dan membangun kewirausahaan semakin besar. Dengan berwirausaha, seorang perempuan akan memiliki penghasilan. Namun sayangnya, masih banyak kaum perempuan yang terbelenggu oleh pikirannya sendiri.

 

Kurangnya pengetahuan, rendahnya keterampilan, dan keterbatasan modal merupakan hambatan yang sering kali menjadi sandungan kaum perempuan untuk berwirausaha. Keinginannya untuk memulai suatu bisnis pun hilang. Padahal, dibutuhkan perempuan-perempuan berdaya agar dapat mewujudkan Indonesia maju.

 

Menurut International Finance Corporation tahun 2011, sepertiga UKM di Indonesia dimiliki oleh perempuan. Hal ini membuktikan bahwa eksistensi kaum perempuan terlihat semakin jelas dalam dunia wirausaha.

 

Kaum perempuan merupakan pendidik utama penerus bangsa sekaligus penentu kualitas bangsa di masa yang akan datang. Kaum perempuan juga mempunyai peran untuk turut membangun ekonomi Indonesia agar berjalan ke arah yang lebih baik. Itu sebabnya, kaum perempuan harus menumbuh kembangkan wirausaha yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

 

Dalam buku “The Achieving Society” sosiolog David McClelland menuliskan bahwa suatu negara disebut sebagai negara maju ketika 2% dari total jumlah penduduknya adalah wirausaha. Sementara menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang diolah dari data Badan Pusat Statistik menuliskan bahwa persentase wirausaha di Indonesia masih belum mencapai 2%.

 

Tak terpungkiri kemajuan ilmu teknologi saat ini telah memudahkan siapa saja untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat. Peluang dan kesempatan dalam dunia wirausaha bagi kaum perempuan pun semakin mudah diperoleh. Semua perempuan kini bisa menjadi seorang wiraswasta.

 

Kendati sosok perempuan terkenal dengan berbagai batasan, namun itu bukanlah suatu penghalang untuk membuat seorang perempuan maju dan menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, dan percaya diri. Sebab, kaum perempuan masih punya semangat tinggi demi mengubah hidupnya, keluarganya, dan orang-orang di sekitarnya.

 

Seorang perempuan harus percaya diri, percaya bahwa ia pasti dapat mewujudkan cita-citanya. Ada banyak sekali potensi dalam diri tiap perempuan yang menunggu untuk dikembangkan. Selain itu, seorang perempuan juga harus merasa berdaya meski dengan banyak tantangan dan rintangan. Dengan terus mengembangkan potensi, seorang perempuan menjadi makin berdaya guna. Peluang kehidupan yang lebih baik juga kian bertambah.

 

Pesatnya teknologi menuntut perempuan masa kini untuk terus berprestasi terutama dalam berwirausaha. Kaum perempuan diharapkan bisa mandiri secara finansial. Dengan begitu, kedudukan dan peranan perempuan dapat terealisasi. Perempuan pun mempunyai kekuatan baru untuk tumbuh dan berkembang dengan lebih cepat.

 

Kemajuan teknologi diharapkan seiring sejalan dengan para wirausaha dalam menjalankan usahanya. Sebab, ada ruang baru bagi wirausaha perempuan untuk ikut menjadi pelaku ekonomi dengan model kerja baru yang bekerja dari rumah dan tak harus duduk seharian di kantor. Waktu yang dimiliki pun dapat terpakai secara efektif dan efisien.

 

Jika selama ini kaum perempuan lebih aktif menjadi konsumen, ini saat yang tepat untuk bergerak menjadi produsen sekaligus pengusaha di berbagai industri yang menjadi unggulan Indonesia. Dengan inovasi produk, kaum perempuan dapat menciptakan sesuatu yang baru dan lebih berkualitas agar bisa menjadi nilai tambah bagi konsumen.

 

Potensi wanita Indonesia untuk menjadi wiraswasta cukup besar. Semakin banyak kaum perempuan yang mampu berwirausaha maka angka pengangguran akan semakin berkurang. Lapangan kerja baru akan terus tercipta dan secara perlahan kemiskinan dapat terentaskan dari Indonesia.

 

Dengan aktif berwirausaha, seorang perempuan tak hanya mampu mengaktualisasi dirinya sendiri tapi juga turut serta memberdayakan perempuan lainnya melalui pengadaan lapangan kerja. Untuk itu, kaum perempuan perlu didukung agar dapat bekerja mandiri dan tidak terlalu bergantung pada orang lain.

 

Di era digital ini, pemberdayaan perempuan sangatlah penting. Keberdayaan perempuan di bidang ekonomi adalah salah satu cara meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Para perempuan Indonesia harus belajar dari sosok perempuan-perempuan sukses. Dengan melihat kesukesesan para perempuan Indonesia, seorang perempuan dapat termotivasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan rasa percaya diri kemudian ikut memulai suatu usaha.

 

Sumber daya manusia khususnya kaum perempuan yang unggul dan berkualitas akan terus dibutuhkan. Tak hanya kaum perempuan yang mampu menyisihkan waktu untuk keluarga, tapi juga para perempuan yang memiliki karir gemilang dengan penghasilan yang sangat memuaskan.

 

Keberadaan seorang perempuan untuk dapat berkarir dengan baik dan memiliki produktivitas yang tinggi dalam bekerja tentunya tak terlepas dari dukungan orang-orang terdekatnya. Dukungan dapat membuat seorang perempuan menjadi lebih kuat, lebih berani, dan lebih percaya diri.

 

Peran dan potensi kaum perempuan dalam pembangunan Indonesia sangat strategis. Oleh karena itu, program pemberdayaan perempuan dalam suatu negara sangat penting untuk dilakukan. Sebab, para wirausaha perempuan terbukti lebih tangguh saat menghadapi krisis. Mereka dapat berdiri kembali dan segera bangkit dari keterpurukan untuk kemudian memulai lagi dari awal dengan semangat dan daya saing yang lebih kuat.

 

Seorang perempuan hebat adalah perempuan yang sanggup menyesuaikan diri dengan tantangan zaman namun tetap berpegang teguh pada kodratnya sebagai seorang perempuan.

 

Iliana Loelianto. Lahir di Ujung Pandang, 17 Juni 1991. Senang membaca cerita pendek dan puisi. Bisa dihubungi di IG: @iliana.illie atau melalui surel: iliana.illie91@gmail.com
Photo by bongkarn thanyakij from Pexels
Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 8 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*