Topbar widget area empty.
Hari Sepeda Sedunia Cover WBD 2 Tampilan penuh

Hari Sepeda Sedunia

Bagi banyak dari kita, mengendarai sepeda tanpa roda latihan adalah aktivitas fisik pertama yang menantang yang pernah kita pelajari. Kita semua ingat, bukan? Awal yang berjalan. Tangan pelindung diamankan ke kursi sepeda dilepaskan. Dan kemudian – ZOOM! – anak itu pergi dan menjajakan, dan petualangan dan kebebasan seumur hidup menunggu di atas suksesi kendaraan roda dua tercinta. Dalam semangat perjalanan pertama itu, mari kita perhatikan Hari Sepeda Sedunia, 3 Juni, ya?

 

 

Timeline Hari Sepeda Dunia

 

12 April 2018: Cap persetujuan. PBB secara resmi menetapkan 3 Juni sebagai Hari Sepeda Dunia.

 

Maret 2016: Sibilski muncul di Scientists for Cycling. Sibilski berbicara di Scientist for Cycling colloquium di Taipei, Taiwan, dan berpendapat untuk Hari Sepeda Dunia.

 

Februari 2016: Hari sepeda dunia mengumpulkan momentum. Profesor Sibilski menerbitkan posting blog lain untuk Bank Dunia berjudul “Mengapa tidak ada hari dunia untuk sepeda?” Momentum mulai membangun.

 

Februari 2015: Gerakan dimulai. Leszek Sibilski, seorang profesor sosiologi dan aktivis bersepeda dan pendidikan jasmani, menulis posting blog untuk Bank Dunia berjudul, “Bersepeda adalah Urusan Semua Orang.”

 

 

Aktivitas Hari Sepeda Sedunia

 

  1. Rencanakan perjalanan

Di mana pun Anda berada di dunia, kami yakin bahwa kota Anda akan terlihat sangat berbeda setelah Anda mulai menjelajahinya dengan sepeda. Banyak kota memiliki jalur sepeda khusus yang memungkinkan Anda untuk mengendarai dengan kecepatan dan kenyamanan Anda sendiri. Dan banyak pengendara sepeda senang pergi ke luar kota untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan dan kesenangan bersepeda sepeda pedesaan yang menyenangkan.

 

  1. Akui perayaan dunia

Sekretaris Jenderal Federasi Pengendara Sepeda Eropa Dr. Bernhard Ensink mengatakan deklarasi Perserikatan Bangsa-Bangsa 3 Juni sebagai Hari Sepeda Dunia: “Bersepeda adalah sumber manfaat sosial, ekonomi, dan lingkungan, dan menyatukan orang-orang.”

 

  1. Sebarkan berita

Hari Sepeda Dunia adalah merek baru — diadopsi oleh Majelis Umum AS pada bulan April 2018. Biarkan semua orang tahu tentang perayaan yang sangat keren ini.

 

 

4 Hal yang Kamu Tidak Ketahui tentang Sepeda

 

  1. Ini keren

“Kuda pesolek,” dan cikal bakal sepeda, ditemukan oleh Karl Drais Jerman dan dipatenkan pada Februari 1818. Beratnya – hampir 50 pound! – Dan diberdayakan dengan menjalankan kaki pengendara di sepanjang tanah.

 

  1. Letakkan pedal ke bawah

Pandai besi di Skotlandia bernama Kirkpatrick Macmillan pada umumnya dikreditkan dengan menciptakan sepeda pertama yang digerakkan pedal pada tahun 1839.

 

  1. Seorang pengendara sepeda Perancis di Amerika

Warga Prancis Pierre Lallement, yang tinggal di Connecticut, mengajukan aplikasi paten Amerika paling awal untuk sepeda pedal pada tahun 1866.

 

  1. Keselamatan dulu

“Sepeda keselamatan” dirancang oleh insinyur Inggris Harry Lawson pada tahun 1876. Sekarang sepeda jenis yang paling umum, meskipun tidak ada yang menyebutnya dengan nama aslinya lagi.

 

 

Bagaimana Kita Mencintai Hari Sepeda Sedunia

 

  1. Latihan yang bagus

Jutaan orang di seluruh dunia menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utama mereka, yang berarti mereka mendapatkan dosis aktivitas fisik yang sehat sebagai bagian dari rutinitas harian mereka. Hari Sepeda Dunia adalah hari untuk bergabung dengan mereka (jika Anda belum bersepeda setiap hari!) Sebagai perayaan khusus dari salah satu penemuan terbaik sejarah.

 

  1. Ini baik untuk lingkungan

Satu-satunya tenaga yang diperlukan untuk mengendarai sepeda adalah tenaga kaki (atau mungkin tenaga jelajah). Dan tidak ada asap buangan kotor untuk menyumbat dan menghirup udara.

 

  1. Sosial

Kami bisa berbagi jalan – dan berbagi rasa petualangan Anda – dengan teman seperjuangan lainnya.

 

(Sumber: https://nationaltoday.com/world-bicycle-day/)

 

Foto oleh TH Pohan

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 9 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*
%d blogger menyukai ini: