Topbar widget area empty.
Pemberdayaan Koperasi Berbasis Digital Cover Koperasi Digital Tampilan penuh

Pemberdayaan Koperasi Berbasis Digital

Esai Khairunia Hasanah, S.Pd

 

 

Koperasi adalah organisasi atau badan usaha yang dijalankan oleh sejumlah anggota untuk mencapai tujuan bersama yang dijalankan berdasarkan asas kekeluargaan. Tujuan koperasi adalah mensejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional. Dalam kondisi perekonomian yang kurang stabil, dikarenakan masa pandemi yang dihadapi oleh hampir seluruh warga di dunia saat ini. Koperasi harus hadir sebagai penyelamat dan mampu menghidupkan permasalahan simpan pinjam permodalan dengan wajar dan terjangkau.

 

Koperasi merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Dalam pasal 33 UUD 1945 dinyatakan bahwa “Perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan”. Dalam penjelasan UUD 1945 disebutkan bahwa badan usaha yang sesuai dengan pasal tersebut adalah koperasi, sehingga koperasi ditempatkan sebagai soko guru perekonomian Indonesia dan merupakan bagian integral perekonomian Indonesia. Dengan berbagai upaya tersebut diharapkan koperasi dapat tumbuh dan berkembang sejajar dengan pelaku ekonomi lainnya. Namun sampai saat ini koperasi masih saja tertinggal dengan lembaga lain. Salah satu penyebab yang dihadapi adalah administrasi kegiatan-kegiatan koperasi belum memenuhi standar tertentu sehingga belum menyediakan data yang lengkap untuk pengambilan keputusan dari data statistik yang kurang memenuhi kebutuhan. Selain itu, kendala yang dihadapi adalah perkembangan koperasi dalam aspek manajemen, baik manajemen operasional, manajemen pemasaran produk dam tata kelola koperasi. Banyak koperasi yang belum memaksimalkan peran teknologi khususnya media digital seperti pengelanan internet dan berbagai aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana pemasaran.

 

Teknologi dalam koperasi sangat diperlukan sebagaimana kita tahu bahwa teknologi internet memiliki peran yang ganda, artinya internet sebagai teknologi dapat berperan sebagai faktor lingkungan makro yang memengaruhi kinerja perusahaan, tetapi teknologi internet juga dapat menjadi sumber daya, yang digunakan untuk meningkatkan kinerja pemasaran dan berdampak pada prospek perusahaan. Teknologi sebagai faktor lingkungan makro mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan penggunaan internet di Indonesia sangat cepat. Berdasarkan data Kominfo (2019) menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini sekitar 150.000.000 yang tersebar di 34 propinsi di Indonesia. Data tersebut mengungkapkan bahwa pengaruh internet dalam bisnis akan sangat berkembang dengan pesat. Korelasi pengaruh internet dengan bisnis menunjukkan hubungan yang kuat. Beberapa bisnis telah mulai terkena dampak yang langsung dari internet. Bisnis transportasi merupakan salah satu bisnis yang terkena dampak langsung dari perkembangan teknologi internet, seperti munculnya aplikasi transportasi online yaitu Go-Jek dan Grab. Dalam Bidang komunikasi, kalangan operator telekomuikasi mengalami penurunan bisnis voice dan sms, setelah muncul Whatsapp, Line dan lainnya.

 

Untuk itu koperasi perlu diberdayakan karena dianggap sebagai alat yang hebat dalam menghadapi kondisi perekonomian nasional maupun global yang mengalami pelambatan. Sehingga dalam merespon perubahan zaman saat ini kita dapat membuat inovasi dan pengembangan koperasi berbasis digital. Koperasi berbasis digital adalah koperasi yang dalam pelayanan dan pengoperasiannya menggunakan sistem digital serta dapat berupa aplikasi maupun penggunaan media internet yang telah ada untuk mendukung berbagai aspek perekonomian yang dibutuhkan pada zaman digital ini, dimana seluruh aktivitas dilakukan di dalam gadget, sehingga koperasi harus hadir menjadi bagian yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.

 

Permasalahan yang masih kita temui pada koperasi adalah pemberdayaan untuk meningkatkan pendapatan koperasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan anggota. Selama ini masih banyak koperasi yang hanya mengandalkan unit simpan pinjam kepada anggota koperasi, dimana struktur modal masih terbatas dan kemampuan manajemen masih konvensional. Apabila koperasi ingin berkembang, maka perlu adanya peningkatan dan manjemen yang baik dan dapat mengoptimalkan peran media digital.

 

Pemberdayaan koperasi berbasis digital ini akan berdampak positif bagi masyarakat yang dapat mewarnai simpanan dan pinjaman secara lebih mudah dan praktis serta menjadi media pemasaran yang dapat menjangkau pasar yang lebih luas sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan daya saing masyarakat secara global. Pemberdayaan koperasi berbasis digital maupun melakukan inovasi dalam koperasi sangat dibutuhkan di era yang semakin canggih ini, koperasi dituntut untuk menyesuaikan perkembangan zaman dan mengetahui apa saja kebutuhan pasar. Koperasi dapat belajar pada dunia startup terkait dengan pemasaran hasil inovasi bisnis dengan bergantung pada siklus literasi atau perulangan dalam menciptakan suatu produk atau fitur baru.

 

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pengembangan koperasi berbasis digital adalah memiliki alat ukur kinerja, waktu yang diperlukan, gagasan dan ide dalam koordinasi internal. Mengetahui apa yang digunakan dan keuntungan serta dukungan dari pimpinan. Urgensi pengembangan koperasi dan perekonomian rakyat adalah untuk menghadapi fenomena global yang penuh perubahan kecepatan penuh resiko penuh kompleksitas dan penuh kejutan, sehingga kita harus benar-benar mempersiapkan apa yang kita butuhkan. Oleh sebab itu, kita harus mencari model baru, cara baru nilai-nilai baru dalam mencari solusi dari setiap masalah-masalah yang kita hadapi dengan inovasi. Sehingga pengembangan koperasi berbasis digital sangat penting dirasa untuk terus ditingkatkan agar dapat meningkatkan daya saing koperasi dalam perekonomian nasional maupun global.

 

Dalam pemberdayaan koperasi berbasis digital bisa dilakukan kolaborasi dari berbagai aplikasi yang telah ada maupun menciptakan apikasi khusus untuk suatu koperasi tergantung berdasarkan analisis kondisi yang memungkinkan dan mendukung dari koperasi itu sendiri. Pemberdayaan koperasi tersebut diharapkan dapat mencapai hasil yang efektif dan efisien agar memudahkan masyarakat untuk mengakses dan mendapatkan hasil yang optimal.

 

Dalam hal ini salah satu bentuk solusi yang dapat dilakukan dengan nyata adalah pemberdayaan koperasi berbasis digital kepada koperasi-koperasi konvensional dengan melakukan penyuluhan maupun pemberian keterampilan pengelolaan koperasi di era digital. Adapun bentuk penyuluhan maupun keterampilan yang dapat diberikan adalah

  1. Penyuluhan tentang strategi pemberdayaan koperasi dengan media digital seperti took online menggunakan facebook, twitter, website, instagram, telegram dan lainnya.
  2. Peyuluhan pembuatan akun e-mail dan media social seperti facebook, twitter, website, instagram, telegram dan lainnya.
  3. Praktek pemasaran menggunakan smartphone menggunakan facebook, twitter, website, instagram, telegram dan lainnya.
  4. Pendampingan dan Pembinaan literasi digital untuk mengevaluasi pencapaian dan strategi peningkatan pemasaran.

 

Fokus dari pemberdayaan koperasi berbasis digital ini adalah bertambahnya wawasan tentang strategi merintis dan mengembangkan usaha pengurus dan anggota koperasi, baik secara umum maupun secara khusus tentang penggunaan teknologi internet untuk pemberdayaan koperasi.

 

Dengan upaya tersebut diharapkan koperasi yang lebih banyak menghimpun ekonomi-ekonomi mikro dapat lebih berkembang dan semakin dapat diperkenalkan secara luas. Sehingga, seluruh pengurus dan anggota koperasi dapat memahami tentang manajemen usaha berbasis digital dan memiliki keterampilan dan keahlian dalam bisnis digital. Setelah koperasi dapat berkembang sesuai kebutuhan masyarakat, maka daya saing dan kebutuhan pasar akan koperasi semakin meningkat. Sehingga tingkat perekomonian masyarakat juga akan meningkat dan memperkokoh keberadaan koperasi dalam menghidupkan perekomomian rakyat.

 

 

Daftar Pustaka

Edy, Irwan Christanto., Marsono, Shandy., dan Supriyono. 2018. Pelatihan : Strategi Pemberdayaan Koperasi Di Era Digital Pada Koperasi Ksb 210 Sumber Surakarta. Wasana Nyata 2 (2), 18-22.

Maranti, Ovi Sofia., dkk. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Pinjaman koperasi berbasis mobile pada koperasi pkk sejahtera sukabumi. Swabumi 6 (1)72-77.

Meylina. 2012. Analisa Strategi E-Marketing dan Implementasinya pada Rental Company. 31- 35.

 

 

Khairunia Hasanah. Lahir di Langkat, 25 Mei 1996. Menamatkan pendidikan di Universitas Negeri Medan. Saat ini bekerja di SD Negeri 024764 Binjai. Bergiat di Lembaga Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) Klaster Mahasiswa dan komunitas Forum Lingkar Pena Binjai. Komunikasi melalui Instagram @khairuniahasanah.

 

(Serial Esai Koperasi dan Ekonomi Rakyat Dekopinda Labuhanbatu)

 

Photo from Pexels-Pixabay

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 9 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*
%d blogger menyukai ini: