Topbar widget area empty.
Gowes Blusukan bersama JTCC Tikum Suhada Tampilan penuh

Gowes Blusukan bersama JTCC

Jogja Tourism Cycling Community (JTCC) adalah sebuha komunitas sepeda yang beranggotakan orang-orang di dunia pariwisata seperti tour guide, art shop, restaurant, driver, hotel, dan pelaku pariwisata lainnya di Yogyakarta. Komunitas ini berdiri sejak tahun 2013, saat ini melakukan gowes bersama ke Wisata Kopeng Jawa Tengah.

 

 

Tidak ada jadwal yang rutin untuk gowes bersama mengingat kesibukan masing-masing anggota, belum tentu seminggu sekali. Tidak heran bila aktivitas sepedanya terkadang ramai dan terkadang sepi. Rute yang biasa dilakukan adalah ke gunung atau pantai dan tempat tempat wisata lainnya. Ada juga beberapa mereka yang antusias rutin bersepeda di sela-sela aktivitas bekerja.

 

 

Sejak pandemi covid-19 melanda dunia dan negeri ini, aktivitas parawisata di Yogyakarta menurun drastis dan nyaris berhenti. JTCC berinisiatif untuk menggelar Gowes City Tour setiap Selasa pagi. Gowes ini dimaksudkan untuk guyon bertemu teman teman dan blusukan melihat suasana anti mainstrem Kota Yogyakarta.   Rute yang dilalui bukan pada jalan raya tetapi memasuki gang-gang  dan jalan-jalan kecil. Rute yang tidak biasa orang-orang lewati, termasuk menelusuri pinggiran sungai di Kota Yogyakarta.

 



 

Gowes City Tour sifatnya sepeda santai dan guyon. Anggota banyak yang menyukai rute blusukan. Suasana gembira ini diharapkan dapat mengusir kejenuhan selama aktivitas Di Rumah Saja atau Work From Home. Gowes bareng diakhiri dengan sarapan bersama di tempat usaha yang dimiliki anggota atau mitra kerja. Semua dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

 

Mengenai Rute Selasa, menurut Pak Cahyo dan Romo yang sering menjadi road captain karena lebih mengenal medan. Namun, sering kali memakai insting karena tidak melakukan survei sebelum gowes. Terkadang salah jalan tetapi dimaklumi dan dinikmati bersama. Kalaupun keliru mutarnya juga ngak jauh, tambah beliau. Rute anti mainstream ini boleh dikatakan tidak akan kita lewati dalam keseharian bila tidak dengan bersepeda.

 

Jogja Tourism Cycling Community membuka diri siapa saja yang ingin ikut serta dalam gowes bareng. JTCC juga beberapa kali melakukan gowes bareng dengan komunitas sepeda lainnya. Tidak ada iuran bulanan dalam keanggotaan. Bila membutuhkan dana, iuran dilakukan secara spontan. Easy going aja. Bila ada kas, ya ditambahkan.

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 9 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*
%d blogger menyukai ini: