• Beranda  /
  • Festival   /
  • Sang Laut Akhiri Pameran dan Pagelaran Seni se Sumatera
Sang Laut Akhiri Pameran dan Pagelaran Seni se Sumatera Pagelaran Kolaborasi “Sang Laut” pada acara Pameran dan Pagelaran Seni se Sumatera XXI - Terkait Tampilan penuh

Sang Laut Akhiri Pameran dan Pagelaran Seni se Sumatera

Pameran dan Pagelaran Seni se Sumatera XXI yang digelar di Taman Budaya Sumatera Utara sejak Kamis (16/11) berakhir Sabtu malam (18/11). Pagelaran Kolaborasi “Sang Laut” dari Provinsi Bangka Belitung menutup perhelatan itu.

Sang Laut dibuka dengan monolog tentang laut. Pembukaan yang cukup menarik dalam balutan cahaya kontemplatif. Musik dan tembang Sang Laut menjadi bagian dalam pertunjukan. Menuju panggung tak sekedar di tepi.

Tarian muda mudi yang ceria dengan kostum merah muda tampil dinamis. Harmoni dengan musik. Mereka tampak energik melambangkan semangat dalam gedung yang tampak lesu.

Provinsi Bengkulu malam itu tampil terlebih dulu dengan lagu, musik dan tarian melayu yang kuat. Mengukuhkan Melayu yang tak hilang di bumi. Puisi dengan sayatan biola disajikan manis sebagai menu penutup.

Di gedung lain ada pameran lukisan dan instalasi dari pelukis dan perupa. Benda-benda yang seharusnya indah tampak redup. Semakin redup dengan tenda-tenda penjualan yang tak punya nilai jual. Di sebuah sudut, Stand Malam Renungan Teater 2017 masih menyisakan harapan.

Pameran dan Pertunjukan Seni se Sumatera yang bertujuan menjaga budaya dan kebhinekaan tak cukup ditampilkan lewat lisan sang pembawa acara namun harus dalam totalitas penyelenggaraan.

Terimakasih Sang Laut. Debur dan Lebur.

 



TH Pohan

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

[wpw_follow_author_me author_id = "5"]