• Beranda  /
  • Peristiwa   /
  • PERINGATAN DAN PERAYAAN HARI FILM NASIONAL KE 69 “FILM INDONESIA KEREN”
PERINGATAN DAN PERAYAAN HARI FILM NASIONAL KE 69 “FILM INDONESIA KEREN” HFN Pusbang Dikbud - Terkait Tampilan penuh

PERINGATAN DAN PERAYAAN HARI FILM NASIONAL KE 69 “FILM INDONESIA KEREN”

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) akan memperingati dan merayakan Hari Film Nasional ke 69 yang jatuh tepat pada tanggal 30 Maret 2019. Sebagai bagian dari peringatan dan perayaan tersebut, Pusbangfilm akan menyelenggarakan beberapa acara. Rangkaian acara yang akan dilaksanakan dalam tiga hari pada hari Kamis hingga Sabtu, tanggal 28 s.d. 30 Maret 2019, yaitu Kampanye Film, Pameran Sejarah Perfilman, Pemutaran Film Indonesia, Bincang Film dan Apresiasi Kesetiaan di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A, Kemendikbud.

 

Sesuai tema yang diangkat tahun ini, yaitu “Film Indonesia Keren”, peringatan dan perayaan Hari Film Indonesia yang semakin hari semakin berkembang dan semakin mengedukasi masyarakat. Hal ini tentunya menjadi momentum yang harus dirayakan oleh seluruh kalangan sebagai perwujudan kecintaan masyarakat terhadap perfilman Indonesia. Oleh karena itu, perayaan HFN ini dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari para sineas senior dan yunior, komunitas film, organisasi usaha dan kegiatan Perfilman, pejabat di lingkungan Kemdikbud dan kementerian lembaga lainnya, para guru dan pelajar Indonesia, serta penerima beasiswa Perfilman yang di fasilitasi oleh Kemdikbud. Jumlah undangan sebanyak lebih dari 1500 (seribu lima ratus) orang.

 

Sebagai rangkaian juga dari Hari Film Nasional 2019, kemarin (27/03/2019) Pusbangfilm juga menyelenggarakan Taklimat Media yang dihadiri oleh sejumlah narasumber, diantaranya Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid; Ketua Lembaga Sensor Film, Ahmad Yani Basuki; Kepala Pusat Pengembangan Perfilman, Maman Wijaya; Badan Perfilman Indonesia, Dewi Umaya, Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) 56, Marcella Zalianty; Kepala Sinematek Indonesia, Adisurya Abdy; Ketua Gabungan Perusahaan Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), Djony Syafruddin dan Penulis Naskah Film Indonesia, Rahabi Mandra.

 

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid mengatakan: “Tema yang diangkat yaitu Film Indonesia Keren merupakan refleksi dari kemajuan perfilman Indonesia saat ini. Dapat dilihat dari segi produksinya, jangkauannya dan juga menyangkut apresiasi dalam perfilman. Dilihat dari perkembangan perfilman dan tagline yang juga positif dan jika dibuat demografinya, kita cukup yakin akan terus berkembang dan tentunya ini kita sambut dalam Hari Film Nasional.” Beliau juga mengapresiasi bahwa saat ini perfilman Indonesia telah melibatkan banyak pihak. Salah satu contohnya, telah ada 1.400 (seribu empat ratus) layar yang dapat dinikmati masyarakat dan bioskop keliling yang difasilitasi oleh Kemendikbud, tujuannya adalah untuk menigkatkan apresiasi. “Namun demikian, tugas pemerintah masih terus berlanjut terutama terkait dengan penguatan pendidikan dan literasi di bidang perfilman.” tambahnya.

 

Sejalan dengan itu, Kepala Pusat Pengembangan Perfilman, Maman Wijaya menerangkan bahwa peringatan Hari Film Nasional dimulai pada tanggal 1 Maret oleh berbagai kalangan mulai dari sekolah, para penggiat film, pemerintah daerah dan seluruh masyarakat. Beliau berharap seluruh masyarakat memperingatai hari bersejarah ini yang juga dirangkaikan dengan beberapa acara salah satunya dengan berkunjung ke Pameran Sejarah Perfilman dan menikmati Pemutaran film Indonesia.

 

Perwakilan Badan perfilman Indonesia, Dewi Umaya juga menambahkan bahwa untuk saat ini perfilman Indonesia sudah menggembirakan, artinya ada kerjasama antara seluruh pihak dan sinergi yang baik juga. Ini merupakan tanggung jawab bersama dalam rangka perkembangan perfilman Indonesia untuk menyambut Hari Film Nasional.

 

Dengan adanya peringatan dan perayaan Hari Film Indonesia dan sesuai dengan temanya, seluruh masyarakat Indonesia berharap untuk tetap mendukung kemajuan perfilman Indonesia yang semakin keren, bukan hanya menjadi tontonan tetapi tuntunan. Selamat Hari Film Nasional, maju terus perfilman Indonesia. Bangga dengan film Indonesia. Film Indonesia Keren!



(Sumber: pusbangfilm.kemdikbud.go.id)

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

[wpw_follow_author_me author_id = "5"]