Topbar widget area empty.
Menghimpun Jejak Pemikiran Ki Bagus Hadikusumo Ki Bagus Tampilan penuh

Menghimpun Jejak Pemikiran Ki Bagus Hadikusumo

 Judul               : Konstruksi Pemikiran Politik Ki Bagus Hadikusumo

Penulis             : Gunawan Budiyanto, dkk

Penerbit           : Program Doktor Politik Islam-Ilmu Politik UMY, Cet. 1, Juli 2018

Tebal               : xviii + 330 hlm

 

 

Tak banyak orang yang mengenal Ki Bagus Hadikusumo yang merupakan salah seorang Bapak Pendiri Bangsa Indonesia. Beliau aktif terlibat dalam BPUPKI dan PPKI dan menjadi tokoh kunci dalam perdebatan perumusan dasar negara yang akan dilahirkan. Ki Bagus Hadikusumo adalah tokoh Islam dan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada persiapan kemerdekaan Indonesia.

 

Haedar Nashir, Ketua PP Muhammadiyah, dalam pengantarnya mengakui bahwa masih kurang dan sulit ditemukan buku dan studi tentang tokoh Muhammadiyah. Referensi ini sangat dibutuhkan untuk mengenalkan dan memhamkan tentang tokoh-tokoh Muhammadiyah dan kontribusinya bagi Muhammadiyah dan Indonesia. Konstruksi Pemikiran Politik Ki Bagus Hadikusumo; Islam, Pancasila dan Negara adalah salah buku yang akan mengenalkan kita pada salah satu tokoh penting Muhammadiyah dan Indonesia.

 

Buku ini sangat baik bukan karena dapat dipahami dengan mudah tetapi juga ditulis oleh para para cendekiawan dengan latar keilmuan beragam. Ada 15 tulisan yang akan memberikan gambaran bagaimana pemikiran politik Ki Bagus Hadikusumo khususnya dalam wacana Islam, Pancasila dan Negara. Gunawan Budiyanto, Rektor Universitas Muhammadiyah, yang merupakan cucu dari Ki Bagus Hadikusumo bertindak sebagai editor membuat buku ini menjadi istimewa.

Buku ini mungkin belum dapat memberikan gambaran utuh dari pemikiran politik Ki Bagus Hadikusumo karena merupakan kumpulan tulisan. Namun, buku ini akan membuka cakrawala pemikiran kita tentang apa dan bagaimana peranan beliau yang teramat penting bagi bangsa ini. Buku ini penting bukan hanya bagi akademisi namun juga bagi para milineal yang belakangan ini menjadi “komoditas politik”.

 



THPohan, Red.

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 5 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*