Topbar widget area empty.

Puisi Tanda Cinta untuk Labuhanbatu Utara

Judul               : Surat Cinta untuk Labura

Penulis             : Malam Puisi Aekkanopan

Penerbit           : Obelia Publisher, Cet. 1, Juli 2018

Tebal               : viii + 85 hlm

 

 

Labuhanbatu Utara adalah sebuah kabupaten baru hasil pemekaran dari Kabupaten Labuhanbatu di Provinsi Sumatera Utara dengan UU No 23 Tahun 2008 Tentang Pembentukan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Kabupaten yang memiliki slogan “Basimpul Kuat Babontuk Elok” baru berusia 10 tahun pada tanggal 21 Juli 2018.

 

Malam Puisi Aekkanopan sebagai bagian dari komunitas Malam Puisi Indonesia dan tentu saja Labuhanbatu Utara tergerak untuk merayakannya dalam serangkain puisi. 65 Puisi yang ditulis oleh 47 orang anak Labura berhasil dihimpun Malam Puisi Aekkanopan dalam Antologi Puisi yang mereka beri judul Surat Cinta untuk Labura.

 

Surat Cinta untuk Labura yang menjadi judul antologi ini juga menjadi judul dari 11 puisi di dalamnya, belum beberapa judul puisi yang hampir sama dengan judul Antologi. Hal ini cukup mengganggu dan seharusnya tidak terjadi dalam sebuah antologi. Malam Puisi Aekkanopan atau editor dapat meminta penulis untuk mengganti judul. Daftar isi yang seluruhnya ditulis dengan huruf kapital menyulitkan pembaca melakukan pencarian judul dan nama penulis (vi-viii).

 

Beragamnya usia penulis, kelahiran tahun 1959 hingga 2002, dan jenjang pendidikannya membuat isi puisinya beragam. Keragaman ini juga membuat Anda menemui puisi yang dangkal hingga yang dalam. Hal ini mungkin disadari oleh Malam Puisi Aekkanopan karena sesuai dengan misi komunitas untuk memasyarakatkan dan menikmati puisi oleh siapa saja.

 



Kehadiran Antologi Puisi ini patut kita apresiasi sebagai bentuk kontribusi positif generasi muda bagi daerahnya. Tidak hanya pujian namun juga kritik bagi pemimpin mereka sampaikan dalam puisinya. Antologi Puisi ini menjadi bukti mereka tidak apatis sekaligus cinta pada daerahnya.***

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 5 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*