Topbar widget area empty.
  • Beranda  /
  • Komunitas   /
  • KeREADta 2019: Kampanye Membaca dengan Cara Menyenangkan
KeREADta 2019: Kampanye Membaca dengan Cara Menyenangkan 20190909_132526 Tampilan penuh

KeREADta 2019: Kampanye Membaca dengan Cara Menyenangkan

Pada hari Minggu, 8 September 2019, ada pemandangan lain di kawasan Stasiun Bundaran HI. Ratusan relawan berpartisipasi dalam acara KeREADta, sebuah kegiatan kampanye membaca dengan tagline “Make Reading a Trend”. Peserta diberangkatkan dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun Lebak Bulus. Terbagi menjadi enam kelompok. Relawan kompak melakukan kampanye #AyoMembaca di dalam kereta MRT. Masing-masing relawan membawa sebuah buku untuk dibaca, di tengah kerumunan para penumpang. Kegiatan ini sekaligus memperingati hari Aksara sedunia pada 8 September.

 

Para relawan juga membawa beberapa buku anak-anak dan stiker #AyoMembaca untuk dibagikan dan dibaca penumpang MRT sebagai salah satu upaya menularkan minat baca. KeREADta berhasil hadir mendekatkan literasi kepada masyarakat dengan cara yang menyenangkan.

 

 

“Anak saya belum pernah naik MRT, beruntung naik ketika ada acara ini. Anak saya jadi bisa baca sekaligus belajar dengan buku yang diberikan”, ujar Bapak Heri, salah satu penumpang MRT.

 

 

Tips Membaca Efektif dan Menyenangkan dari Para Pembicara Kereadta 2019

 

Setelah acara di MRT selesai, acara dilanjutkan dengan talkshow literasi. Talkshow ini menghadirkan beberapa pembicara yaitu Chiki Fauzi (Spokeperson Wardah), Muhammad Kamaluddin (Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta), Stefanni Bella (Penulis “Elegi Renjana”), dan Sophia Mega (Booktuber & Penulis “Loe Ngerti Siapa Gue”).

 

Seluruh nara sumber mengajak masyarakat untuk lebih menyukai kegiatan membaca dan mengajak masyarakat untuk menjadikan membaca sebagai gaya hidup. Para nara sumber juga membagikan bagaimana cara agar membuat masyarakat lebih sadar akan membaca.

 

“Pertama kita ini harus mempunyai mindset baru, ketika kita sadar kita membutuhkan apa, itu akan lebih mudah bagi kita untuk mencari buku yang memuat informasi yang ingin kita ketahui dan juga kita harus sering-sering menganggap buku itu tidak asing seperti halnya yang kita lakukan hari ini, kita bias mendapatkan informasi dari berbagai buku” ujar Sophia Mega (Booktuber dan Penulis “Loe Ngerti Siapa Gue”).

 

Dari sesi talkshow literasi bersama para pembicara, ada beberapa tips membaca yang menarik yang bias kita lakukan bersama dan menjadikan membaca sebagai kegiatan yang lebih menyenangkan.

 

  1. Membaca buku-buku dengan tema-tema yang diminati

Ini bias menjadi jalan awal untuk usaha menyukai membaca. Tema-tema yang disukai bias jadi awalan untuk menemukan ketertarikan dan kebahagiaan dalam membaca.

 

  1. Menemukan teman-teman yang memiliki kegemaran membaca

Cobalah untuk menemukan teman-teman yang memiliki kegemaran membaca. Mengikuti kegiatan klub buku atau membaca juga bias jadi hal yang menyenangkan dan jadi salah satu cara untuk menemukan teman-teman yang suka membaca. Kamu bias mendiskusikan buku-buku menarik yang bias dibaca dan mendapatkan referensi buku bacaan dari mereka.

 

  1. Memberi tantangan pada diri sendiri untuk membaca lebih banyak buku

Dengan member tantangan pada diri sendiri, kamu jadi punya target dalam hal membaca. Kamu juga bias mengajak teman-teman di sekitarmu dan melakukan tantangan membaca. Dengan cara ini, kamu jadi terpacu untuk membaca lebih banyak buku.

 

  1. Menyisihkan waktu untuk membaca

Poin ini jadi sangat penting karena kesemua poin di atas tidak akan terwujud jika kamu tidak menyisihkan waktu untuk membaca.              Kamu bias sisihkan beberapa jam dalam sehari untuk membaca dan lakukan itu secara rutin.



 

(Diolah dari Tim Media Kereadta 2019)

Foto: ig @kereadta

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 5 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*