Topbar widget area empty.
  • Beranda  /
  • Peristiwa   /
  • TEMAN DISABILITAS DAN AYO DONGENG INDONESIA IKUT DI KEREADTA 2019
TEMAN DISABILITAS DAN AYO DONGENG INDONESIA IKUT DI KEREADTA 2019 20190909_141742 Tampilan penuh

TEMAN DISABILITAS DAN AYO DONGENG INDONESIA IKUT DI KEREADTA 2019

Ada yang berbeda dari penyelenggaraan kereadta di tahun 2019 kali ini, yaitu kereadta akan mengikutsertakan teman-teman disalibilitas dari Pandu Lisane (ig @pandulisane).

“Ini pertama kalinya bagi kami Pandu Lisane ikut bergabung menjadi relawan dalam acara kereadta, kami mengupayakan pendidikan inklusifitas bagi semua, lewat kegiatan ini kami yang terdiri teman tuli, daksa dan netra ingin ikut berpastisipasi dalam meningkatkan literasi di Indonesia, kata Pandu Nuge, Founder Pandu Lisane.

 

Hal ini pun menjadi suasana baru dalam kereadta 2019, ada rasa senang bagi para relawan karena dapat berbaur bersama serta belajar bagaimana bersikap dengan teman-teman tuli, daksa dan netra.

“Dalam kegiatan ini, ada 10 teman tuli, 5 teman daksa dan 2 teman netra yang akan ikut menjadi relawan, lewat acara ini, mereka memiliki kesempatan berliterasi dan juga mendapatkan akses fasilitas yang baik dan bagi non-disabilitas dapat berlajar berinteraksi dengan baik”, ujar Pandu.

 

 

Ayo Dongeng Indonesia Ikut Andil

 

Mendongeng merupakan salah satu media edukasi yang kreatif, menyenangkan, dan tentunya salah satu acara membangun budaya literasi. Sama halnya dengan gerakan kampanye #AyoMembaca yang diinisiasi oleh Taman Baca Inovator, Indoreadgram dan Booktube Indonesia dengan gerakan bernama keREADta. Tahun in gerakan kampanye diadakan pada 8 September 2019 sekaligus merayakan hari aksara sedunia di transportasi terbaru yaitu Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

 

Kegiatan ini akan diikuti oleh 200-an relawan yang akan membaca di MRT Jakarta dan dilanjutkan dengan Talkshow bertema “Make Reading a Trend”. Sebelum memulai talkshow terdapat sesi mendongeng dari komunitas Ayo Dongeng Indonesia. Komunitas ini membawakan dua buah dongeng; salah satunya dongeng yang menceritakan tentang binatang yang hidup di hutan yaitu seekor monyet yang ingin menjadi raja hutan dan iri dengan singa hingga akhirnya meminta bantuan hewan lain dan akhirnya menemukan buku sehingga monyet senang membaca dan pergi ke perpustakaan.

 

Ayo Dongeng Indonesia (ig @ayodongeng_ind) membawa keseruan dalam acara Kereadta karena disampaikan dengan gaya cerita yang menyenangkan dan membuat tertawa sehingga sebagai pembuka acara mampu membawakan kesegaran untuk rangkaian acara selanjutnya yaitu talkshow.

 

Ayo Dongeng Indonesia sendiri merupakan komunitas yang berbasis kerelawanan, terbuka, dan tidak berafiliasi dengan agama, politik, atau golongan manapun yang focus kegiatan utamanya adalah melakukan kampanye mendongeng bagi anak Indonesia. Lewat dongeng yang disampaikan tentu ada pesan dan harapan agar membaca menjadi gaya hidup orang Indonesia, dan dimulai dari anak-anak lewat dongeng.

 



(Diolah dari Tim Media Kereadta 2019)

Foto: ig @kereadta

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 5 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*