Topbar widget area empty.
Wonderful Events Indonesia Bulan Juni 2018 100-event-wisata indonesia Tampilan penuh

Wonderful Events Indonesia Bulan Juni 2018

Travel brings power and love back into your life, Rumi

 

Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia dalam Sambutannya di Buku Wonderful Events Indonesia 2018 mengatakan bahwa sepanjang tahun 2018 diperkirakan tiga ribu event diselenggarakan, yang dikelola oleh berbagai kalangan. Pemerintah menetapkan Seratus Wonder Event serta sepuluh top event yang diseleksi oleh tim kurator sebagai event pilihan tahun ini. Buku tersebut dapat digunakan sebagai rujukan oleh wisatawan, sementara para pemangku kepentingan dapat menggunakan sebagai panduan untuk menyusun program.

 

Tahun 2018 ditetapkan sebagai Tahun Visit Wondefull Indonesia. Seluruh kalangan pariwisata kerjasama dan bahu membahu menyusun program bersama, memenangkan Indonesia sebagai tujuan utama perjalanan dunia. Dua event besar yang diselenggarakan tahun ini adalah ASIAN Games 18 di Jakarta Palembang serta Pertemuan Tahunan IMF-World Bank di Bali. Perhelatan ini menjadi magnet utama perjalanan dan mendorong diciptakannya event baru.

 

Apajake akan memuat Agenda 100 Wonder Calender of Event setiap bulannya selama tahun 2018 sebagai informasi dan rujukan bagi Anda untuk berwisata dan menjelajahi negeri sebagaimana yang dikatan Rumi: Perjalanan membawa kekuatan dan cinta ke dalam hidupmu.

 

Edisi kali ini adalah 100 Wonder Calender of Event di bulan Juni 2018, yaitu:

 

 

Pekan Raya Jakarta, 24 Mei – 1 Juli 2018 di JIEXPO Kemayoran

Pekan Raya Jakarta (PRJ) merupakan salah satu pameran perdagangan dan pertunjukan terbesar yang berlangsung sebulan penuh. Dikenal juga dengan sebutan Jakarta Fair, dapat dikatakan, sebagai pameran dan festival paling lama diselenggarakan tanpa jeda sejak tahun 1968. Pekan Raya Jakarta merupakan transformasi dari Pasar Malam Gambir, yang telah berlangsung sejak zaman Belanda tahun 1930 an. PRJ adalah ikon nasional. Tahuni ini pelaksanaan yang seharusnya tanggal 5 Juni-15 Juli 2018 dimajukan menjadi 24 Mei – 1 Juli 2018. Ini adalah penyelenggaraan yang ke-51 sekaligus menyambut HUT Kota Jakarta ke-491. Untuk mengetahui lebih lanjut segala informasi mengenai Jakarta Fair Kemayoran 2018, Follow Instagram @JakartaFairID, Twitter @JakartaFairID serta Facebook Jakarta Fair atau menghubungi layanan pusat informasi di nomor 021-26645000

 

(foto: jakartafair,com)

 

 

Festival Tenganan-Bali, 7-8 Juni 2018

Tradisi perang pandan setiap tahunnya untuk mengenang kembali kebebasan mereka atas cengraman kekejaman Raja Maya Denawa dan untuk menghormati Dewa Indra. Tempat pelaksanaan upacara Mekare-kare ini adalah didepan Bale Patemu (balai pertemuan yang ada di halaman desa). Waktu pelaksanaan biasanya dimulai jam 2 sore dimana semua warga menggunakan pakaian adatTenganan (kain tenun Pegringsingan), dan para pria tanpa pakaian atas bertarung satu lawan satu berbekal pandan berduri yang diikat menjadi satu berbentuk sebuah gada. Sambil menari-nari mereka bergulet dan mengiris punggung lawan. Tangan kanannya memegang senjata pandan sedangkan tangan kiri mereka memegang perisai yang terbuat dari rotan.

 

(foto: pedomanwisata.com)

 

 

Festival Budaya Asmat-Papua, 19-23 Juni 2018

Merupakan pameran ukiran seni patung, pesta budaya Asmat juga menampilkan atraksi tarian dan lagu yang dibawakan oleh kelompok penari tifa dari ratusan kampung. Pada puncak pesta budaya Asmat, selalu, digelar lelang dua ratusan ukiran Asmat bernilai tinggi yang merupakan ukiran terbaik hasil seleksi panitia. dan selalu lebih 50 % terjual dengan nilai transaksi mencapai ratusan juta sampai Miliaran rupiah.

 

(foto: toptier.id)

 

 

Pekerjaan mengisi saku Anda, petualangan mengisi jiwa Anda, Jaime Lyn Beatty

 

 

Bakar Tongkang, Riau, 28-30 Juni 2018

 

Bermula dari tuntutan kualitas hidup yang lebih baik lagi, sekelompok orang Tionghoa dari Provinsi Fujian-China, merantau menyeberangi lautan dengan kapal kayu sederhana. Dalam kebimbangan kehilangan arah, mereka berdoa kepada dewa Kie Ong ya yang saat itu ada di kapal tersebut agar kiranya dapat diberikan penuntun arah menuju daratan. Tak lama kemudian, pada keheningan malam tiba tiba mereka melihat adanya cahaya yang samar-samar. dengan berpikiran di mana ada api di situlah ada daratan dan kehidupan akhirnya mereka mengikuti arah cahaya tersebut, hingga tibalah mereka di daratan Selat Malaka tersebut akhirnya tongkang yang mereka naikipun mereka bakar, inilah yang menjadi cikal bakal ritual bakar tongkang Masyarakat Cina pun mempercayai apabila tongkang yang dibakar jatuh mengarah ke laut,maka peruntungan perekonomian bersumber dari laut. Sebaliknya apabila jatuh mengarah ke darat,maka peruntungan perekonomian pada tahuh itu lebih banyak dari darat.

 

(foto: breakingnews.co.id)

 

 

Yadnya Kasada dan Bromo Exotica, 29-30 Juni 2018

Merupakan upacara suku Tengger setiap bulan kesepuluh kalender adat, diselenggarakan di lereng dan kawah Gunung Bromo. Sebagai ungkapan rasa syukur dan perayaan awal waktu. Upacara adat yang berlangsung ratusan tahun ini, kini diperkaya dengan respon kolaboratif dari seniman yang berasal dari berbagai kota. Menafsirkan kembali kisah asal usul penduduk Tengger, pertunjukan kolosal di gelar pada lautan pasir dalam kemasan kontemporer : Exotica Bromo



 (foto: eksotikabromo.co.id)

 

Edisi selanjutnya Wonderful Events Indonesia bulan Juli 2018

 

Biak Munara Wampasi, Papua Barat

Aceh International Rapa’i Festival, Aceh

Al Mizan Sufi Music Festival, Jawa Barat

Festival Lima Gunung, Jawa Tengah

Erau Adat Kutai and International Folk Art Festival, Kalimantan Timur

Matasora World Music Festival

Festival Pesona Bunaken, Sulawesi Utara

Cheng Ho Festival Semarang, Jawa Tengah

 

(Diolah dari 100 Wonder of Events 2018 Kemenpar RI dan berbagai sumber)

Red/TP

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 5 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*