Topbar widget area empty.
Melihat Dunia Mengubah Opini traveling 8 Tampilan penuh

Melihat Dunia Mengubah Opini

Catatan Perjalanan

 

 

Inge adalah seorang warga negara Swedia yang lahir keluarga yang bekerja di industri batu bata dari generasi ke generasi. Ayahnya bekerja sebagai pekerja di sebuah perusahaan briket. Orang tuanya lahir dari keluarga yang kurang mampu dan dibesarkan oleh pamannya. Ayahnya bekerja sepanjang waktu sehingga mereka tidak pernah pergi berlibur bersama. Ayah hanya mampu menjanjikan untuk berlibur bersama pada tahun berikutnya sepanjang tahun. Traveling senantiasa dijanjikan karena orang tuanya menyakini bahwa dengan traveling hidup menjadi berbeda.

 

Setelah Inge tumbuh besar dan mengeyam pendidikan engineering ia memulai karir di kota. Perusahaan tempatnya bekerja cukup baik dan terus berkembang. Ia bekerja cukup lama hingga akhirnya memutuskan untuk keluar dan memulai usaha sendiri. Ia bekerja dengan sangat keras membangun perusahaannya. Ketika berusia 50 tahun, ia merasa semua tergantung pada dirinya dan membuatnya terjebak. Kemudian timbul pemikiran, bisakah saya hidup berbeda?

 

Inge membeli campervan untuk liburan panjang. Awalnya ingin enam bulan namun tidak mungkin meninggalkan perusahaan selama itu. Akhirnya dipilihlah waktu tiga bulan. Perjalanannya mengililingi dunia dimulai dari Amerika Serikat pada tahun 2004. Setelah perjalanan perjalanan di Amerika ia merasakan hidupnya menjadi luar biasa. Berubah total. Selama ini ia hidupnya hanya kerja, kerja dan kerja.

 

Dia berpikir untuk menata ulang perusahaannya. Inge mulai mencari dan mempekerjaan orang lain. Akhirnya ia menemukan orang-orang yang baik dan kompeten untuk menjalankan perusahaannya. Setelah itu ia memutuskan mundur dari perusahaan.

 

Campervan miliknya saat ini adalah Mercedes Sprinter 2005 4×4 2,7 liter 5 cylinder t-star 680 yang dibeli tahun 2008. Kemudian mencoba perjalanan selanjutnya tahun 2009 ke Iceland kemudian mengapalkan mengapalkan vannya ke Amerika Selatan yakni Buenos Aires Argentina. Perjalanan di Amerika Selatan berlangsung selama empat bulan.

 

Setelah ia tidak lagi terlibat dalam perusahaanya maka ia berpikir untuk melakukan perjalanan lebih lama lagi.  Total ia melakukan perjalanan selama 27 bulan di Amerika dengan sembilan tahapan yang berakhir di tahun 2015.

 

 

Kemudian pulang dan rehat. Berkumpul dengan keluarga. Ia memiliki anak dan cucu juga orang tua.  Orang tua mereka sangat berjasa merawat dan mendidiknya sehingga mereka harus membalas dan merawatnya.  Bakti ini menahan keinginan mereka untuk tidak bepergian lagi.

 

Pada tahun 2017 orang tua Britt, istrinya, meninggal dunia. Mereka tidak lagi memiliki orang tua setelah beberapa tahun sebelumnya orang tuanya meninggal. Ia berpikir untuk memulai kembali perjalanan.

 

Perjalanan menuju Islandia dan Eropa yakni Inggris, Italia dan Spanyol. Satu perjalanan setiap tahun. Perjalanan berikutnya ke Norwegia dan beberapa tempat menarik disana selama 3 bulan. Dia selalu bepergian sendiri bersama istrinya. Tetapi setelah kecelakaan mobil yang dialaminya, Ia mulai berpikir bepergian secara berkelompok.

 

 

Bepergian secara kelompok membutuhkan perusahaan yang mengorganisir perjalanan dan seluruh kebutuhan. Berbeda bila bepergian sendiri dimana ia harus mempelajari dan menyiapkan semua kebutuhan. Namun, mereka harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukannya. Tetapi ini adalah kesempatan sekali dalam hidup. Sehingga ia memutuskan untuk ikut serta dan sekarang ia di Rantauprapat, Indonesia.

 

 

 

Opini tentang Dunia

 

Kami tinggal di sudut dunia yang bernama Skandinavia. Skandinavia adalah semenanjung di sebelah utara Eropa. Semenanjung Skandinavia mempunyai populasi yang rendah dan ditutupi dengan hutan tusam, betula dan cemara. Di bagian barat dan utara terdapat pegunungan. Pegunungan Skandinavia adalah salah satu pegunungan tertua di dunia. Negara-negara di Skandinavia adalah Denmark (Monarki konstitusional dengan sistem parlementer), Norwegia (Monarki konstitusional dengan sistem parlementer, kemerdekaan sejak 1905), Swedia (Monarki konstitusional dengan sistem parlementer) dan beberapa negara Nordik yaitu Finlandia (Republik parlementer, kemerdekaan sejak 1917), Åland (provinsi otonomi di Finlandia sejak 1920), Kepulauan Faroe (sebuah wilayah otonomi dalam negara Denmark, membentuk pemerintahan sendiri sejak 1948), Greenland (sebuah wilayah otonomi dalam negara Denmark, membentuk pemerintahan sendiri sejak 1979), Islandia (Republik parlementer, kemerdekaan sejak 1918, menjadi bagian dari Denmark hingga 1944), dan Svalbard, merupakan wilayah yang termasuk dalam kedaulatan Norwegia, tidak dianggap sebagai bagian dari wilayah sejarah budaya Skandinavia, tetapi merupakan bagian dari kerajaan Norwegia (sejak 1925), termasuk dalam negara-negara Nordik.

 

Menurut Inge, informasi yang kita selama ini dari berbagai media sesungguhnya dikendalikan dari Amerika Serikat. Sangat sedikit informasi yang diberikan tentang Amerika Selatan, Asia, dan belahan bumi lainnya. Informasi yang sangat sedikit untuk lebih mengenal dunia.

 

Saya suka menciptakan opini sendiri tetang apa yang baik dan apa yang salah. Bukan seperti yang dituliskan dan disampaikan media. Ada banyak cara untuk melihat sesuatu. Jika kau selalu melihat sesuatu dari rumah maka kamu akan mendapatkan gambaran yang salah tentang dunia. Media dan pemerintah sering menciptakan musuh. Saya tidak menyukainya. Saya menyukai orang baik. Ketika bepergian kita akan menemukannya. Kebanyakan orang di dunia sangat baik.

 

Kita tumbuh dalam opini Iron Curtain (Tirai Besi) melambangkan batas-batas ideologi dan fisik yang membagi Eropa ke dalam dua wilayah terpisah (timur dan barat) dari akhir Perang Dunia II pada 1945 hingga akhir Perang Dingin pada 1991. Di tiap sisi Tirai Besi, negara-negara membangun sekutu-sekutu militer dan ekonomi internasional masing-masing. Rusia digambarkan sebagai musuh besar. Ketika ia traveling ke Rusia, ia menemukan Rusia yang sangat baik. Sehingga ia berpikir bahwa Traveling adalah Gerakan Perdamaian (Traveling is Peace Movement). Dengan traveling kamu akan belajar dan menemukan cara berpikir orang dari banyak negara. Orang orang dari berbagai negara ini memiliki cara berpikir yang tidak seperti kamu pikirkan.

 

 

Pegunungan Andes yang Penuh Warna

 

Ia sudah mengunjungi kurang lebih 60 negara. Amerika Selatan adalah yang paling berkesan khususnya pegunungan Andes. Pegunungan Andes adalah pegunungan terpanjang di dunia yang membentuk rangkaian dataran tinggi sepanjang pantai barat Amerika Selatan. Pegunungan ini panjangnya lebih dari 7.000 km, lebarnya mencapai 500 km pada beberapa tempat dan memiliki ketinggian rata-rata sekitar 4.000 meter. Kamu akan melihat banyak warna disana seperti alam, fauna, flora dan busana masyarakatnya serta kehidupannya. Kami berpikir untuk mengunjungi kembali. Mungkin 10 tahun mendatang dan berharap opini dan gambarannya tentang Andes tetap dan tidak berubah. Ia ingin mengujinya.

 

Kebanyakan negara di Amerika Selatan sangat fantastis seperti Argentina, Bolivia, dan Peru. Di Middle America, Guatemala fantastis. USA juga memiliki alam yang fantastik. Tetapi orang-orangnya “gila” tetapi itu cerita yang lain. Canada sangat fantastik dan kebanyakan orangnya seperti di Swedia. Orang Canada sangat berbeda dengan orang Amerika Serikat.

 

 

 

Perjalanan Asia

 

Inge pernah melakukan perjalanan kerja ke China tahun 1986. Mengikuti kegiatan organisasi Batu bata (Brick Industry Association) dan mengunjungi pabrik batu bata di Cina. Tidak banyak pabrik batu bata di sana tetapi perjalanan yang menyenangkan. Negara Asia lainnya yang pernah ia kunjungi adalah Thailand dan Vietnam. Berlibur biasa selama beberapa minggu. Menurutnya, bepergian dengan campervan akan lebih menemui orang lebih mendekati kehidupan normalnya. Kalau bepergian dengan pesawat dan menginap di hotel serta duduk di pantai maka kamu akan melihat secara terbatas.

 

 

Dia sangat menyukai bepergian di jalanan kecil yang bukan jalan utama. Kamu akan menemui keseharian hidup mereka. Di Indonesia jalanan sangat ramai dan membahayakan. Beberapa kali hampir kecelakaan khususnya dengan sepeda motor. Becak yang lambat dan sering tiba tiba mendahului dan muncul di setiap sudut jalan menjadi sangat berbahaya.

 

Pola lalu lintas dan cara mengemudi di Indonesia yang kemudi sebelah kiri berbeda dengan yang dijalaninya di Sakndinavia dan Eropa.  Walaupun pernah menyetir dengan stir kanan di Inggris, ia harus berpikir ekstra. Setelah beberapa minggu ia mulai terbiasa.

 

 

Alam adalah Ibumu

 

Sangat penting merawat alam. Don’t spoil the nature.  Kamu hidup di alam. Alam adalah ibumu. Tetapi kita punya problem dengan kebanyakan ahli yang berbeda tentang care the nature seperti konsep electric car. Kita harus fokus pada saat ini sebagai solusinya. Kita terlalu banyak memakai dan memproduksi baju setiap hari. Memproduksi baju banyak membutuhkan air dan merusak air. Kita harus merawat air. Merawat Udara. Mengelola Sampah. Sampah menjaga problem di Indonesia. Singapura adalah negara yang sangat bersih.

 

Di Eropa banyak dibahas tentang sawit. Sawit tidak baik untuk alam. Banyak terjadi deforestasi. Hutan berubah menjadi perkebunan sawit dan terus berlangsung seperti yang terjadi di Malaysia (Ini terjadi juga di Indonesia). Permasalahannya bukan pada perkebunan sawit semata tetapi pada pola monokultur. Bila kamu melakukan monokultur dan ditemukan penyakit maka ia menyebar cepat seperti api. Orang banyak mendapatkan uang dari sawit tetapi kebanyakan adalah perusahaan raksasa internasional. Mereka mencuri uangnya.

 

 

Sebagai penutup, saya berpesan pada generasi muda, The worst poison in the world is corruption.  Banyak sekali yang rakus di dunia ini. Ketika bepergian ke Cina. Cina yang dulu negara super komunis kini menjadi negara super kapitalis. Mereka menjadi sangat rakus. Orang orang disana berlomba memiliki rumah yang besar, mobil yang besar dan mahal untuk menunjukkan kekayaannya. Tetapi mereka menunjukkan sesuatu yang sangat tidak saya suka. Mereka Rakus. Ini sangat berbahaya bagi dunia. Saya bukan komunis, saya kapitalis tetapi berpikir bagaimana memanfaatkan sumberdaya secara sustainable. Sustainability sangatlah penting.

 

Tulisan ini dibuat berdasarkan wawancara penulis dengan Inge, seorang pengelana dunia dari Swedia pada 8 Agustus 2019 di Rantauprapat.

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 9 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*
%d blogger menyukai ini: