Topbar widget area empty.
Cerita-cerita dari Masa Lalu Cover buku Rakit Batang Pisang Tampilan penuh

Cerita-cerita dari Masa Lalu

Kesusastraan Indonesia berbasis pesantren telah banyak lahir dari kalangan santri dan cukup menyita perhatian. Beberapa karya sastra tersebut bahkan diadaptasi menjadi Film. Semangat karya sastra pesantren inilah yang dikobarkan dan dilanjutkan oleh penulis. Agus Salim seorang santri Pondok Pesantren Bumi Damai Al-Muhibin Tambak Beras Jombang dari tingkat SLTP hingga Perguruan Tinggi. Kumpulan Cerpen ini ingin mengangkat tentang kehidupan sosial dan kultur keIndonesiaan. Penulis mengajak kembali untuk mengidam-idamkan kehidupan masa lalu yang jauh dari hingar bingar gaya hidup mewah dan serbah wah.

 

Judul : Rakit Batang Pisang
Penulis : Agus Salim
Penerbit : Pena House, Cetakan I, Maret 2016
Ukuran : 128 hlm, 13×19 cm
Harga : Rp. 41.000

 

Rakit Batang Pisang merupakan cerpen Kumpulan Cerpen pertamanya yang kental dengan kehidupan penulisnya. Penulis yang lahir di Desa Pangkalan Kec. Aek Natas Kab. Labuhanbatu Utara Sumatera Utara namun menghabiskan masa remajanya di Ponpes Tambak Beras Jombang. Pembaca akan ditarik kedalam kehidupan penulis yang tinggal di daerah perkebunan dan masuk dalam cerita-cerita rakyat yang pernah didengarnya.

 

Cerita-cerita rakyat dan dongeng yang menjadi inspirasi penulis menjadi kekuatan sekaligus kelemahan buku ini. Kekuatan karena penulis berhasil mengangkatnya ke dalam cerpen dan memenuhi 13 judul yang ada dalam kumcer ini. Kelemahannya adalah kita kurang merasakan sentuhan sastra yang seharusnya dapat menghiasi cerita-cerita yang ada. Penulis terkesan hanya menuliskan kembali tradisi lisan yang dialaminya ke dalam tradisi tulis.

 

Ketiadaan daftar isi merepotkan pembaca untuk memilih cerpen mana yang harus dibaca terlebih dahulu. Sekalipun memiliki penyunting namun banyak sekali kesalahan penulisan yang mengganggu pembaca untuk memahami makna. Bahkan ada satu cerpen, Ibu Logam dan Mobil Mewah, tergabung dalam Cerpen Gadis Dipelukan Malaikat.

 

Secara garis besar buku ini bisa mengobati kerinduan akan kisah-kisah masa lalu dan kaya akan hikmah serta sesekali dibawa ke alam mistis. Rakit Batang Pisang menambah khazanah sastra Labuhanbatu Raya yang secara mulai bergerak. Buku ini dicetak terbatas dan Anda dapat membeli langsung ke penulis di FB: Agus Salim. Selamat Membaca.

 



Tatang Pohan-Apajake.com

Tatang Hidayat
Ditulis oleh Tatang Hidayat

Redaktur Apajake

( 5 Followers )
X

Follow Tatang Hidayat

E-mail :*

Tinggalkan komentar

12 + dua =